Analisis Manfaat E-Booklet Dalam Mengedukasi Gangguan Perasaan Pada Siswa SMAIT Asy-Syukriyyah Kelas 12

Authors

  • Vika Rahmah Ayu YARSI University
  • Endi Muhammad Astiwara
  • Citra Fitri Agustina
  • Wening Sari

https://doi.org/10.33476/jmj.v1i8.3283

Keywords:

Gangguan Mood, Depresi, Kecemasan, E-Booklet, Remaja

Abstract

Gangguan perasaan adalah gejala yang dapat mempengaruhi emosi, energi, dan motivasi seseorang seperti gangguan kecemasan dan depresi. Gangguan kecemasan ialah gangguan kesehatan mental yang biasanya ditandai dengan ketakutan dan kekhawatiran yang berlebihan dengan perkiraan prevalensi global mulai dari 3,8 hingga 25% di seluruh negara. Depresi, merupakan gangguan mood yang paling tersering terjadi pada usia lanjut dengan prevalensi 12-45%. Salah satu penyebab adalah tingkat pengetahuan masyarakat tentang kesehatan jiwa yang masih rendah tidak terkecuali pada masa remaja. Masa remaja ialah status interim yang berhubungan dengan masa peralihan digunakan untuk mempelajari cara memikul tanggung jawab kelak saat memasuki masa dewasa. Maka dari itu, akan bermunculan banyak stressor yang dapat memicu gangguan perasaan pada masa ini. Sehingga, diperlukan bagi tiap-tiap individu mengerti cara-cara untuk mencegah gangguan perasaan. Di era digital ini, kalangan remaja hingga dewasa banyak menggunakan sosial media dikemas dengan design yang menarik, mudah untuk dicari dan mudah untuk dimengerti dengan penyajian E-Booklet.

Metodologi: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental dengan metode cross sectional dan pengambilan data secara quasi-experimental. Sampel data diambil dari hasil pretest dan post-test siswa-siswi SMAIT Asy-Syukriyyah kelas XII yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi pada periode Juli hingga Agustus 2022.Analisis data menggunakan analisis bivariat. Data diolah menggunakan program komputer Microsoft Excel dan SPSS 26 for IOS.

Hasil: Total sampel diperoleh sebanyak 89 orang siswa-siswi SMAIT Asy-Syukriyyah. Hasil analisis dengan uji bivariat didapatkan. Hasil uji Wilcoxon sikap pada kelompok eksperimen menunjukkan bahwa hitung Z score sebesar -426 dan sig sebesar 0,670.

Simpulan: Terdapat perbedaan hasil sikap dari kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan.

References

DAFTAR PUSTAKA

Asriani, Fathra, Annis Nauli dan Darwin Karim. 2020. Hubungan Tingkat Pengetahuan Terhadap Sikap Masyarakat Pada Orang Dengan Gangguan Jiwa. 9(2) , 78-83.

Changal, K. H., Raina, A. H., Raina, A.,Raina, M., Bashir, R., Latief, M., Mir,T. and Changal, Q. H. (2016)

Diferiansyah, Okta, Tendry Septa dan Rika Lisiswanti. 2016. Gangguan Cemas Menyeluruh. Lampung: J Medula Unila.

Dirgayunita, Aries. 2016. Depresi: Ciri, Penyebab dan Penangannya. Probolinggo: Jurnal An-Nafs: Kajian dan Penelitian Psikologi.

Fatmawaty, Riryn. 2018. Memahami Psikologi Remaja. Lamongan: Jurnal Reforma.

Hood, Heather dan Martin M Antony. 2015. Panic Disorder. Amsterdam: Elsevier

Idaiani, Sri dan Edduwar Idul Riyadi. 2018. Sistem Kesehatan Jiwa di Indonesia: Tantangan untuk Memenuhi Kebutuhan. Jakarta: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan.

Iodice, Jo, John M Malouff dan Nicola S Schutte. 2021. The Association between Gratitude and Depression: A Meta-Analysis. 4(1) ,1-9.

Kandola, Aaron dkk. 2018. Moving to Beat Anxiety: Epidemiology and Therapeutic Issues with Physical Activity for Anxiety. PubMed.

Kim, Evan dan Timothy Munro. 2021. Associations between Physical Activity and Depressive Symptoms through Obesity and School Bullying among Adolescents. 4(1) ,1-6.

Liansyah, Tita. 2015. Pencegahan dan Penanganan Depresi Pada Siswa. 4(1) ,10-26.

Downloads

Published

08-08-2023

Issue

Section

Articles