Hubungan Pengetahuan dan Perilaku Demam Berdarah Dengue dengan Keberadaan Jentik Aedes di Permukiman Kos Mahasiswa di Cempaka Putih Timur Serta Tinjauannya Menurut Pandangan Islam

Authors

  • Maygel Nahren Yarsi University
  • Ndaru Andri Damayanti
  • Muhammad Arsyad Univesitas YARSI

https://doi.org/10.33476/jmj.v1i8.3282

Abstract

Pendahuluan: Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit demam akut dan bisa menyebabkan kematian. Penyakit ini mengandung virus yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegpti dan Aedes albopictus. Keberadaan jentik Aedes di suatu daerah merupakan indikator terdapatnya populasi nyamuk Aedes di daerah tersebut. Permukiman kos adalah salah satu tempat yang memiliki kepadatan jumlah jentik. Mahasiswa pada umumnya berpendidikan, tetapi pengetahuan dan perilakunya mengenai hidup bersih dan sehat masih kurang. Penelitian ini bertujuan mengetahui keberadaan jentik Aedes di permukiman kos mahasiswa dan apakah ada hubungan antara pengetahuan dan perilaku mahasiswa terhadap keberadaan jentik penyebab adanya DBD. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa kos cempaka putih timur, Jakarta pusat. Jumlah sampel sebanyak 50 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan kuisioner. Metode pengujian penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan aplikasi SPSS. Metode analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat. Hasil: Hasil menunjukkan bahwa tidak terdapat adanya positif mengenai keberadaan jentik aedes aegpyti dan mahasiswa mayoritas memiliki tingkat pengetahuan yang baik. Kesimpulan: tidak terdapatnya hubungan Perilaku tentang keberadaan jentik aedes dengan Demam berdarah Dengue. Menurut pandangan islam sebagai umat muslim wajib memiliki pengetahuan dan perilaku yang baik serta menjaga kebersihan dan menjaga Kesehatan untuk menghindari berbagai macam penyakit termasuk Demam Berdarah Dengue.

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, A., 2021. Sebaran Nyamuk Aedes aegypti Linnaeus dan Aedes albopctus Skuse di Kecamatan Tompobulu Kabupaten Boros (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Agustina, A. (2021). Perspektif Hadis Nabi Saw Mengenai Kebersihan Lingkungan. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 1(2), 96-104.

Anam, K. (2016). Pendidikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam Presfektif Islam. Jurnal Sagacious, 3(1).

Arsin A. A., 2013. Epidemiologi Demam Berdarah Dengue (DBD) di Indonesia. Masagena Press. Makassar.

Badrah dan Hidayah. 2011. Hubungan Antara Tempat Perindukan Nyamuk Aedes aehypti dengan Kasus Demam Berdarah Dengue di Kelurahan Penajam Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Pasar Utara. Trop Pharm, Vol 1. No 2.

Boesri, H. (1995). Peran Agama Islam Dalam Penanggulangan Demam Berdarah Dengue.

Dinkes Prov. DKI Jakarta. 2017. Surveilans Epidimiologi DKI Jakarta. Jakarta.

Ditjen PP&PL. 2008. Petunjuk Teknis Jumantik PSN Anak Sekolah. Jakarta.

Emi, M., Armansyah, T dan Muhammad, H. 2013. Daya Larvasida Ekstrak Etil Asetat Daun Kemuning (Murraya paniculata (L) Jack) Terhadap Larva Nyamuk Aedes aegypti. Jurnal Medikal Veterinaria, Vol. 7, No. 1, 27-29.

Hafeez, F., Akram, W., Suhail, A., & Arshad, M. (2012). Knowledge and attitude of the public towards dengue control in urban and rural areas of Punjab. Pakistan Journal of Zoology, 44(1).

Hidayati, Y., 2018. Hubungan Antara Tempat Perkembangbiakan Nyamuk Aedes aegypti Dengan Kasus Demam Berdarah Dengue Di Kecamatan Rajabasa Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

I Gede Suyasa, N Adi Putra, I W Redi Aryanta 2007. Hubungan Faktor dan Perilaku Masyarakat dengan Keberadaan Vektor Demam Berdarah Dengue (DBD) di Wilayah Kerja Puskesmas I Denpasar Selatan.

Kementrian Kesehatan RI. 2016. Profil Kesehatan Indonesia Tanggal 15 Januari 2020 Pukul 22:00.

Kementrian Kesehatan RI. 2018. Infodatin Situasi Penyakit Demam Berdarah Di Indonesia Tahun 2018 Tanggal 09 Februari 2020 Pukul 15:00.

Koenraadt, C. J., Tuiten, W., Sithiprasasna, R., Kijchalao, U., Jones, J. W., & Scott, T. W. (2006). Dengue knowledge and practices and their impact on Aedes aegypti populations in Kamphaeng Phet, Thailand. The American journal of tropical medicine and hygiene, 74(4), 692-700.

Lailatul B. 2019. Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Karakteristik Tempat Perindukan Nyamuk dengan Keberadaan Jentik Aedes aegypti di Desa Sedarat Kecamatan Balong, Kabupaten ponorogo. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Peminatan Kesehatan Lingkungan. Stikes Bhakti Husada Mulia: Madiun.

Downloads

Published

08-08-2023

Issue

Section

Articles