Stigma Sosial dan Sikap Keluarga pada Pasien Infertilitas di Rumah Sakit Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto

Authors

  • dewi nurqomarriyah yuniarti
  • Mirfat Mirfat Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/jmj.v1i7.3233

Abstract

Pendahuluan: Infertilitas merupakan masalah kesehatan di dunia termasuk di Indonesia. Ketiadaan anak dalam perkawinan pada waktu lama akan menjadi masalah, karena ada keyakinan keadaan ini akan mengancam keutuhan rumah tangga. Infertilitas dikaitkan dengan stigma diri dan perasaan gagal. Stigma yang diciptakan oleh pasien infertilitas mengakibatkan individu merasa bersalah dalam mengelola ketidaksuburan dan stigmatisasi mereka. Pasangan suami istri sering merasa bahwa lingkungan memberikan stigma negatif. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui stigma sosial dan sikap keluarga terhadap pasien infertilitas di RS Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metodologi: Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan penelitian survei non-eksperimental. Sampel penelitian ini adalah pasien infertilitas di RS Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dengan alat bantu kuesioner yang disebar dalam bentuk google form. Data dianalisis secara univariat dan bivariat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) v.26 (IBM Inc) dan Skor ISS (Infertility Scale Stigma), uji One WayANOVA,uji t dan uji regresi linier berganda. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa total skor stigma pada pasien infertilitas 11,63±5,08. Skor rata-rata untuk setiap item ISS adalah 2,91±1,27, menunjukkan adanya stigma. Di antara empat faktor ISS, skor penarikan sosial adalah yang tertinggi 3,40±1,24, sedangkan skor evaluasi diri adalah yang terendah 2,49±1,17. Kesimpulan: Hasil analisis menggunakan uji One Way ANOVA dan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa faktor jumlah kehamilan, kehamilan sebelumnya, dan pendapatan bulanan berpengaruh secara signifikan terhadap stigma sosial dan sikap keluarga pada pasien infertilitas di RS Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto (p<0,05).          

KATA KUNCI            ISS, Stigma Sosial, Sikap Keluarga, Infertilitas

References

Aghakhani, N., Ewalds-Kvist, B.M., Sheikhan, F. and Merghati Khoei, E., 2020. ????? ???? ??????? ??????: ?? ?????? ????. International Journal of Reproductive BioMedicine, 18(1), pp.65-72.

Benksim, A., Elkhoudri, N., Addi, R.A., Baali, A. and Cherkaoui, M., 2018. Difference between primary and secondary infertility in Morocco: frequencies and associated factors. International journal of fertility & sterility, 12(2), p.142

Bornstein, M., Gipson, J.D., Failing, G., Banda, V. and Norris, A., 2020. Individual and community-level impact of infertility-related stigma in Malawi. Social Science & Medicine, 251, p.112910.

Çap?k, A., Aksoy, M., Y?lmaz, E. and Y?lmaz, F., 2019. Infertility stigma scale: a psychometric study in a Turkish sample. Perspectives in Psychiatric Care, 55(2), pp.328-335.

Dupree, J.M., 2018. Insurance coverage of male infertility: what should the standard be?. Translational Andrology and Urology, 7(Suppl 3), p.S310.

Fatimah, D., Hutagaol, I.E. and Romus, I., 2019. Profil Kasus Endometriosis di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Periode 1 Januari 2012–31 Desember 2016. Jurnal Ilmu Kedokteran (Journal of Medical Science), 12(1), pp.39-45.

Ingrit, B.L., Kajian Literatur: Persepsi Dan Kualitas Hidup Perempuan Dengan Infertilitas. Nursing Current: Jurnal Keperawatan, 7, pp.9-20.

Jing, X., Gu, W., Zhang, L., Miao, R., Xu, X., Wang, M., Ramachandran

H.J. and Wang, W., 2021. Coping strategies mediate the association between stigma and fertility quality of life in infertile women undergoing in vitro fertilization-embryo transfer. BMC Women's Health, 21(1), pp.1-7.

Li, Y., Zhang, X., Shi, M., Guo, S. and Wang, L., 2019. Resilience acts as a moderator in the relationship between infertility-related stress and fertility quality of life among women with infertility: a cross-sectional study. Health and quality of life outcomes, 17(1), pp.1-9.

Mulyani, U., Sukarni, D. and Sari, E.P., 2021. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Infertilitas Primer Pada Pasangan Usia Subur Di Wilayah Kerja Uptd Puskemas Lembak Kab. Muara Enim Tahun 2021. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(8), pp.2698-2710.

Downloads

Published

18-07-2023

Issue

Section

Articles