Hubungan Penggunaan Panty Liner Terhadap Kejadian Leukorrhea Pada Mahasiswi Universitas Yarsi dan Tinjauannya Dalam Agama Islam

Authors

  • Kalila Nisya Ramadhan Universitas Yarsi
  • dian widiyanti Universitas Yarsi
  • muhammad arsyad Universitas Yarsi

https://doi.org/10.33476/jmj.v1i4.3027

Keywords:

Keputihan, Leukorrhea, Panty Liner

Abstract

Latar Belakang: Leukorrhea adalah sekret putih dan kental yang keluar dari vagina dan rongga uterus. Di Indonesia sekitar 90% wanita berpotensi mengalami keputihan dikarenakan Indonesia memiliki iklim tropis yang hangat dan lembab, sehingga memudahkan pertumbuhan jamur dan mengakibatkan keputihan. Untuk menghindari menempelnya vaginal discharge di pakaian dalam, banyak wanita, terutama dewasa muda, menggunakan panty liner sehari-hari. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan panty liner dengan timbulnya leukorrhea pada dewasa muda. Dalam pandangan Islam cairan keputihan yang keluar dari alat reproduksi wanita merupakan hal yang wajar terjadi pada semua wanita, sehingga dikembalikan ke hukum dasarnya yaitu suci. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Data diambil dengan kuesioner yang disebarkan pada 88 responden mahasiswi Universitas Yarsi. Penetapan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Analisis statistik menggunakan uji chi-square dengan SPSS 26. Hasil: Pada penelitian ini didapatkan 85,2% responden mengganti panty liner 3-6 jam sehari. Sebanyak 84,1% responden mengalami leukorrhea normal. didapatkan sebanyak 82,6% responden mengalami jumlah leukorrhea yang sama dan sebanyak 90,2% responden mengalami jumlah yang berkurang seperti sebelum pemakaian. Frekuensi penggantian panty liner memiliki hubungan dengan jumlah dan jenis leukorrhea. Kesimpulan: Frekuensi penggantian panty liner mempengaruhi jumlah dan jenis leukorrhea. Penggantian panty liner yang baik yaitu 3-6 jam sehari menyebabkan leukorrhea yang timbul adalah leukorrhea normal dengan jumlah yang sama atau berkurang seperti sebelum pemakaian. 

Author Biographies

Kalila Nisya Ramadhan, Universitas Yarsi

Mahasisiwa Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi

dian widiyanti, Universitas Yarsi

Bagian Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi

muhammad arsyad, Universitas Yarsi

Bagian Agama Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi

References

Al-Majmu’, 2/570, syamilah.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. 2013. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2012. Jakarta: BKKBN.

Dorland, W.A. N., 2015. Kamus Saku Kedokteran Dorland, Singapore: Elsevier (Singapore).

Isnaniar, & Hasanah, R. 2018. Hubungan Antara Penggunaan panty liner Dengan Kejadian fluor Albus Pada remaja putri di SMK muhammadiyah 2 pekanbaru. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 9(1), pp.63-75.

Jami’ul Ahkam An-Nisa (Kumpulan Hukum-Hukum Soal Wanita) (1/66).

Kistina, E.Y. & Afridah, W., 2021. Kebiasaan Penggunaan Pantyliner Pada remaja Putri Yang Mengalami Keputihan. BIOGRAPH-I: Journal of Biostatistics and Demographic Dynamic, 1(1), pp.1–6.

Marhaeni, G.A., 2016. Keputihan pada wanita. Jurnal Skala Husada: The Journal of Health, 13(1), pp.30-38.

Oriza, N. and Yulianty, R. 2018. Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Keputihan Pada remaja Putri di SMA Darussalam Medan, Jurnal Bidan Komunitas, 1(3), pp. 142–151.

Persia, A., Gustia, R. and Bahar, E. 2015. Hubungan Pemakaian panty Liner Dengan Kejadian fluor Albus Pada siswi sma di kota Padang Berdasarkan Wawancara Terpimpin (Kuisioner), Jurnal Kesehatan Andalas, 4(2), pp. 509–512.

Putri, N.A. & Budiarso, L.S. 2021. Hubungan penggunaan pantyliner dengan kejadian fluor albus pada mahasiswi Universitas X di Jakarta, Tarumanagara Medical Journal, 3(1).

Rao, V.L. & Mahmood, T., 2019. Vaginal discharge. Obstetrics, Gynaecology & Reproductive Medicine, 30(1), pp.11-18.

Runeman, B.O. dkk., 2003. The vulva skin microclimate: Influence of panty liners on temperature, humidity and ph. Acta Dermato-Venereologica, 83(2), pp.88-92.

Sibagariang, E. E., 2010. Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta Trans Info Media.

Trisnawati, I., 2018. Faktor-faktor yang berhubungan dengan keputihan patologis pada wanita usia subur yang bekerja di pt unilever cikarang bekasi. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 9(1), pp.45–50.

Downloads

Published

18-01-2023

Issue

Section

Articles