Hubungan Smartphone Addiction dengan Jenis Kelamin pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Angkatan 2020 dan Tinjauannya Menurut Islam

Authors

  • Muh Javier Rifat Yarsi University
  • Elita Donanti
  • Amir Mahmud

https://doi.org/10.33476/jmj.v1i4.3011

Abstract

Pendahuluan : Smartphone addiction merupakan suatu keadaan yang ditandai dengan individu yang sulit untuk berhenti menggunakan smartphone dan menyebabkan terjadinya perubahan sosial seperti menarik diri, dan kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Faktor kepribadian dan atribut individu, seperti jenis kelamin, memiliki perbedaan dengan beberapa aspek perilaku penggunaan smartphone. Faktor yang berhubungan dengan smartphone addiction pada mahasiswa adalah penggunaan aplikasi game, kecemasan, dan kualitas tidur yang buruk. Faktor signifikan untuk mahasiswi adalah penggunaan aplikasi multimedia, penggunaan layanan jejaring sosial, depresi, kecemasan, dan kualitas tidur yang buruk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan smartphone addiction dengan jenis kelamin pada mahasiwa fakultas kedokteran universitas YARSI angkatan 2020 dan tinjauannya menurut islam.  

Metodologi: Jenis penelitian ini berupa survey analitik dengan desain penelitian cross sectional. Kuesioner didistribusikan melalui google form dan dilakukan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi angkatan 2020 dengan jumlah sampel sebanyak 143 responden. Analisis data menggunakan uji Chi-Square.

Hasil: Berdasarkan hasil uji statistik didapatkan p > 0,568 (p > 0.05) yang menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara smartphone addiction dengan jenis kelamin pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi angkatan 2020.

Simpulan: Tidak terdapat hubungan yang bermakna secara statistik antara smartphone addiction dengan jenis kelamin

Downloads

Published

18-01-2023

Issue

Section

Articles