Hubungan Smartphone Addiction dengan Kelelahan Mata pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Angkatan 2020 dan Tinjauannya Menurut Islam

Authors

  • Rifky Asatama Sugito
  • Elita Donanti
  • Amir Mahmud

https://doi.org/10.33476/jmj.v1i4.3008

Abstract

Pendahuluan: Smartphone addiction merupakan bentuk penggunaan smartphone dengan waktu yang berlebihan dan melibatkan diri sendiri secara mendalam pada suatu hal yang menjadi ketergantungan. Perilaku Smartphone addiction juga semakin meningkat. Pada tahun 2012, Time Mobility Poll baru melaporkan bahwa 84% orang adiksi terhadap smartphone mereka. Samrtphone addiction dapat menimbulkan dampak positif dan negative, Dampak positif diantaranya meningkatkan kemampuan motorik dan kemampuan kognitif serta sebagai sarana hiburan. Dampak negatif smartphone addiction terjadinya kecanduan pada aplikasi seperti media sosial, aplikasi office, kamera, pemutar musik, bahkan aplikasi edit foto dari smartphone. Selain itu, durasi penggunaan smartphone yang terlalu lama juga dapat menyebabkan kelelahan mata (astenopia). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan smartphone addiction dengan kelelahan mata (astenopia) pada Mahasiwa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI angkatan 2020 dan tinjauannya menurut islam.  

Metodologi: Jenis penelitian ini berupa survey analitik dengan desain penelitian cross sectional. Kuesioner didistribusikan melalui google form. Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI angkatan 2020 dengan jumlah sampel sebanyak 143 responden. Analisis data menggunakan uji Chi-Square.

Hasil: Berdasarkan hasil uji statistik terdapat hubungan antara smartphone addiction dengan kelelahan mata (Astenopia) pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI angkatan 2020. Dengan nilai p-value 0,003 (p-value <0,005)

Simpulan: Terdapat hubungan yang bermakna secara statistik antara smartphone addiction dengan kelelahan mata (astenopia). 

Downloads

Published

18-01-2023

Issue

Section

Articles