Peran Pendidikan Keselamatan Pasien Terhadap Peningkatan Pengetahuan Mahasiswa Kepaniteraan IKM FK YARSI

Authors

  • Erlina Wijayanti Department of Public Health, Faculty of Medicine, YARSI University, Jakarta

https://doi.org/10.33476/jky.v22i2.304

Keywords:

Keselamatan pasien, pengetahuan, pendidikan

Abstract

Medication error merupakan penyebab terbanyak dari insiden keselamatan pasien di layanan primer yang sebenarnya dapat dicegah melalui pendekatan sistem. Fakultas Kedokteran Universitas YARSI bermaksud mengembangkan pendidikan Patient Safety untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa dan melatih mahasiswa menyelesaikan kasus insiden keselamat-an pasien. Pendidikan diberikan melalui kuliah dan simulasi kasus serta dibantu dengan media (modul, buku panduan dan video). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahu-an mahasiswa terhadap materi “Aplikasi Patient Safety dan Medication Safety dalam Praktek Kedokteran” dan untuk meng-evaluasi program pembelajaran.

Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan mixed method dan desain kuasi eksperimental. Data kuantitatif di-dapatkan dari nilai pretes, postes, nilai diskusi, nilai presentasi dan nilai laporan. Sedangkan pengumpulan data kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap mahasiswa. Nilai pretes dan postes dianalisis dengan Uji Wilcoxon untuk mengetahui peningkatan pengetahuan mahasiswa.

Sebanyak 35 mahasiswa kepaniteraan IKM FK YARSI periode 10 Februari – 15 Maret 2014 menjadi subyek penelitian. Hasil pembelajaran menunjukkan bahwa mahasiswa mampu mencapai target kelulusan pada kegiatan diskusi, presentasi hasil dan laporan yaitu di atas skor 55. Pengetahuan mahasiswa me-ningkat secara signifikan dilihat dari nilai pretes dan postes (p=0,000). Median meningkat dari 30 menjadi 80. Dari hasil wawancara mendalam ditemukan bahwa proses pembelajaran sudah cukup efektif sedangkan kekurangannya adalah durasi kuliah yang cukup lama (130 menit). Diharapkan ke depannya simulasi kasus dapat ditingkatkan menjadi kegiatan observasi di pelayanan kesehatan.

Published

2017-01-05

Issue

Section

Research Articles