STRATEGI PERPUSTAKAAN DAN PENINGKATAN KOMPETENSI PUSTAKAWAN DALAM MENDUKUNG TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI
https://doi.org/10.33476/bibliotech.v2i1.868
Abstract
In doing the service of the library can not be separated from the role of librarians as actors who must run the motion of the library so that all the efforts of librarians are deployed so that the library becomes one where the academic community to find the information it needs. Especially with the condition of this global world, the information is so easy to obtain and will have implications for librarians to continue to strive for the information presented always has a significant level of novelty so that with the development of information technology will help librarians in providing information services more quickly. The existence of an agreement between the library and faculty to digitize the collection of this thesis will facilitate the performance of librarians who served in digital services. The criteria for determining digital collections are very important to do so not all collections should be digitized. According to the author of digital collection collection is still required for the presented in the digital collection is the information that does have the added value to the reader or reader. Now with the dissemination of information that can be accessed anywhere will make it easier for the user to obtain information. In the civilization of the Indonesian people who have not had the awareness of reading in the sense of truly reading to get something needed becomes an easy gap to be entered by this hoaxReferences
Candra Dewi.Tristiana. 2006. “Membangun Citra Exellent Service di Perpustakaan Perguruan Tinggi†Makalah Seminar “ Mewujudkan Layanan Prima perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. 22 September 2006.
Hidup . 2017. Saring Sebelum Sharing, Tahun 7 No 7
http://www.academicindonesia.com/tri-dharma-perguruan-tinggi dikutip 2 Juni 2017)
Husna,Jazimatul .2016. Kontribusi Perpustakaan Dalam Implementasi Empat Pilar Perpustakaan Untuk Peningkatan Knowledge Management Masyarakat Kompetitif. Lokakarya Nasional Dokumentasi dan Informasi : Pengelolaan Data, Informasi dan Pengetahuan untuk Mendukung Pembangunan Repositor, Jakarta : PDII LIPI
Karnawati, Dwikorita. 2016.â€Inovasi Tingkatkan Daya Saing†Bernas 24 Septemberv2016
Keputusan Mendiknas nomor 25 tahun 2008 Tentang Standar Tenaga perpustakan Sekolah/Madrasah
Laxman, Pendit, Putu . 2011. “Melacak Jejak Langkah Penggunaan Teori dalam penelitian Ilmu Perpustakaan & Informasiâ€. Librari, Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Vol 1 No 2 .
M. Reitz, Joan. Online Dictionary of Library and Information Science, 2002 dalam Khusnul Khotimah ,Multi Dimensi Pustakawan di Perpustakaan Pada Era Teknologi Informasi.
Menpan No 132/KEP/M. PAN/12/2002
Peraturan Jabatan Fungsional Pustakawan pada Universitas Atma Jaya Yogyakarta nomor 01/perat/YSRY/2009
Permana, Aan .2010. Profesi Pustakawan. Workshop Revitalisasi Pendidikan dan Profesi Pustakawan Surakarta, 21 Desember 2010 Solo : UNS
Raharjo, Sungkowo. 2010. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Pustakawan : Tantangan, Tuntutan dan Keharusan Pustakawan Profesional . Sidang Pengukuhan Pustakawan Utama, Jakarta : PNRI.
Rahman Saleh, Abdul. 2004. “Manfaat standar kompetensi dan etika profesi dalam peningkatan profesionalisme pustakawanâ€. Disampaikan pada Rapat Koordinasi Tim Penilai Pustakawan di Jakarta, tanggal 5 Oktober 2004 2 Ketua Bidang IV Pengurus Pusat Ikatan Pustakawan Indonesia, membidangi Perpustakaan Perguruan Tinggi
Sulistyo_Basuki .1993. Pengantar Ilmu Perpustakaan,Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Suwarno, Wiji 2011. Perpustakaan & Buku Wacana Penulisan & Penerbitan. Yogyakarta :Ar-Ruzz Media.
Undang-undang No 43 tahun 2007 Tentang Perpustakaan
Yulianto, Eko. 2017. Jurnal Ilmiah Mulai Tumbuh, Publikasi Ilmiah Bermutu Lahir dari Riset yang Bermutu Pula, Kompas 8 Maret 2017
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Hak publikasi dan pemanfaatan karya intelektual pada jurnal ini menjadi milik penuh penerbit, sedangkan hak moral menjadi milik penulis.
- Aspek legal formal akses dan pemanfaatan setiap artikel BiblioTech: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasitunduk di bawah lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa (CC BY-SA), yang berarti bahwa konten jurnal dapat dimanfaatkan secara bebas dan wajar (fair use) dalam bentuk serupa bahkan untuk kepentingan komersial.
- Untuk menghindari tindakan malpraktik publikasi dan plagiarisme penerbitan artikel, penulis diminta mengisi dan menandatangani pernyataan hak cipta pada Surat Pernyataan Keaslian Naskah dan Copyright Transfer.