PERUBAHAN DESAIN PERPUSTAKAAN : STUDI KASUS PERPUSTAKAAN KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI

Authors

  • Mouly Ika Lutfiati Universitas Indonesia
  • Luki-Wijayanti Luki-Wijayanti Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia

https://doi.org/10.33476/bibliotech.v5i2.1455

Abstract

Penelitian ini menjelaskan mengenai perubahan desain perpustakaan. Pada awalnya perpustakaan dikenal sebagai tempat yang sepi dan hanya digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan. Namun, seiring dengan perkembangan zaman pola tersebut telah berubah menjadi ruang yang digunakan untuk saling berkumpul dan berinteraksi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Terdapat enam orang informan yang terdiri dari tiga orang pustakawan dan tiga orang pengguna perpustakaan. Keenam orang tersebut diwawancarai untuk mendapatkan pendapat mereka terkait Perpustakaan Komisi Pemberantasan Korupsi. Data dianalisis dengan tahap pertama analisis sebelum dilapangan, analisis data di lapangan, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan Komisi Pemberantasan Korupsi memiliki kesamaan ciri dengan perpustakaan abad 21 yang terdiri dari welcoming, flexibility, communal, zoned, innovation, dan connections. Keenam ciri tersebut menjadikan perpustakaan tidak hanya sebagai ruang penyimpanan koleksi tetapi juga sebagai ruang sosial yang digunakan untuk berinteraksi. Ini menunjukkan bahwa kebutuhan pengguna yang selalu berubah dan berkembang. Pustakawan berusaha untuk memenuhi kebutuhan penggunanya dengan mendesain ulang ruang perpustakaan dan merevisi kebijakan yang sebelumnya berlaku di perpustakaan.

 

Kata Kunci: Ruang sosial, pengguna perpustakaan, pustakawan

References

Fuchs, C. (2018). Henri Lefebvre’s theory of the production of space and the critical. Communication theory, 1.

Badan Standar Nasional. (2009). Standar Nasional Indonesia: Perpustakaan Khusus Instansi Pemerintah. Standar Nasional Indonesia no. 7496:2009. Jakarta.

Griffis, M. R. (2018). Where the users are: reconsidering information provision through roving models of service. Library Administration and Organization, 39, 36-60.

Hanson, A., & Abresch, J. (2017). Socially constructing library as place and space. Library Administration adn Organization, 36, 111-112.

Hickerson, T. (2014). Designing 21st-Century Spaces. Felicitier, 1-4.

Idrus, M. (2009). Metode penelitian ilmu sosial: pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jakarta: Erlangga.

Indonesia. (2007). Undang-undang Republik Indonesia nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan.

Latimer, K. (2018). 2050: a library space odyssey. planning the future library. Legal Information Management, 18(4), 203-208.

Lawson, B. (2001). The language of space. Oxford: Elsevier.

Lefebvre, H. (1991). The production of space. (D. Nicholson, Trans.) Oxford: Basil Blackwell.

Maryatun. (2018). Kondisi fisik dan suasana ruangan di Perpustakaan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 6-12.

Noviani, R., Rusmana, A., & Rodiah, S. (2014). Peranan desain interior perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca pada ruang perpustakaan. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 6-8.

Rahayu, L., Anggraeni , R., Sumiati, O., Makariam, L., & Permatasari, R. B. (2014). Layanan perpustakaan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Semertzaki, E. (2011). Special Libraries As Knowledge Management Centres : Special Libraries As Knowledge Management Centres. Oxford: Chandos Publishing.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Surachman, A. (2005). PengelolaanPerpustakaanKhusus. Yogyakarta: Perpustakaan Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian UGM.

Yemi-Peters, O., Omoniwa, M. A., & Achunmu, C. M. (2013). User satisfaction as a marketing strategy in the 21st cenuty library. Journal of Information & Knowledge Management, 110.

Published

2022-09-19

How to Cite

Lutfiati, M. I., & Luki-Wijayanti, L.-W. (2022). PERUBAHAN DESAIN PERPUSTAKAAN : STUDI KASUS PERPUSTAKAAN KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI. Bibliotech : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(2). https://doi.org/10.33476/bibliotech.v5i2.1455

Issue

Section

Articles