KEMAS ULANG INFORMASI SEBAGAI UPAYA PEMANFAATAN INFORMASI DAN DATA DI PERPUSTAKAAN INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Authors

  • Clara Shinta Program Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Universitas Indonesia
  • Margareta Aulia Rachman Program Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Universitas Indonesia

https://doi.org/10.33476/bibliotech.v5i1.1319

Abstract

Kemas ulang informasi merupakan kegiatan mengumpulkan berbagai informasi secara terstruktur dan disajikan ke dalam bentuk yang lebih menarik dan mudah dipahami. Kemas ulang informasi penting dilakukan untuk meningkatkan nilai manfaat dari informasi dan data yang dimiliki oleh sebuah organisasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses kemas ulang informasi yang dilakukan di Perpustakaan Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam memenuhi kebutuhan informasi civitas akademik. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara terhadap 8 orang informan yang terdiri dari pustakawan dan pemustaka Perpustakaan IPB, serta analisis dokumen berupa produk kemas ulang informasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kegiatan kemas ulang informasi dilakukan oleh pustakawan atas inisiatif sendiri dan untuk pengembangan profesi. Produk kemas ulang yang dihasilkan masih dalam bentuk tercetak, seperti bibliografi, buklet, poster, standing banner, dan leaflet. Saran berdasarkan penelitian ini bahwa Perpustakaan IPB juga harus membuat kebijakan mengenai kemas ulang informasi agar dapat menghasilkan produk kemas ulang secara berkala dan berkesinambungan. 

References

Agbaji, Y. O., & Odumu , W. (2017). Information Repackaging: A Panacea for Libraries and Information Resource Centres in Nigeria. International Journal of Business and Management Invention , 59-63 .

Anunobi, C., & Okoye, I. (2008). The role of academic libraries in universal access to. Library Philosophy and Practice, http://digitalcommons.unl.edu/Libphilprac/189.

Dongardive, P. (2013). Information Repackaging in Library Services. International Journal of Science and Research (IJSR). 204-209.

Indah, R. N. (2016). Kompetensi Kemas Ulang Informasi Pustakawan dalam Menghadapi Masyarakat Informasi (Information Society). Jurnal Ilmiah Kepustakawanan “Libraria”, 17-28.

Nashihuddin, W., & Tupan. (2016). Manajemen Layanan Kemas Ulang Informasi Digital Di PDII LIPI. Lentera Pustaka, 95-107.

Oyadonghan , J. C., Eke, F. M., & Fyneman, B. (2016). Information Repackaging and Its Application in Academic Libraries. International Journal of Computer Science and Information Technology Research , 217-222.

Reitz, J. (2012). Online Dictionary for Library and Information Science.

Tupan, & Nashihuddin, W. (2015). Kemas Ulang Informasi Untuk Pemenuhan Kebutuhan Informasi Usaha Kecil Menengah: Tinjauan Analisis PDII-LIPI. BACA: Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 109-124.

Ugwuogu, U. O. (2015). Expectations and Challenges of Information Repackaging In Nigerian Academic Libraries. International Journal of Learning & Development, 56-64.

Published

2020-06-01

How to Cite

Shinta, C., & Rachman, M. A. (2020). KEMAS ULANG INFORMASI SEBAGAI UPAYA PEMANFAATAN INFORMASI DAN DATA DI PERPUSTAKAAN INSTITUT PERTANIAN BOGOR. Bibliotech : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(1). https://doi.org/10.33476/bibliotech.v5i1.1319

Issue

Section

Articles