STRATEGI PERSONAL BRANDING DALAM AJANG PUSTAKAWAN BERPRESTASI

Authors

https://doi.org/10.33476/bibliotech.v4i2.1118

Abstract

Dibutuhkan branding yang baik untuk mengubah persepsi masyarakat (pemustaka) tentang pustakawan dan mereka juga mesti mendapat perspektif baru yang lebih segar. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi personal branding dan bentuk hambatannya dalam ajang pustakawan berprestasi. Metode penelitian yang digunakan melalui pendekatan kualitatif yang bersifat studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan pustakawan memiliki kesadaran serta kemauan untuk mengubah mindset terhadap profesi mereka sehingga peran personal atau individu dibangun dari diri sendiri bukan dari sekedar tuntutan. Hambatan yang dihadapi berupa kepasifan pustakawan, inkonsisten, terkendala waktu, terkurung dalam lingkup kerja. Saran pada penelitian ini diperlukan strategi dan langkah sederhana dalam menguatkan kesadaran personal branding pustakawan, seperti penguatan karakter diri, konsistensi, membuat perbedaan, tau akan passionnya, dan yang terakhir membangun jejaring baik melalui teknologi informasi (internet; media sosial) maupun dengan pertemuan rutin guna memupuk persepsi positif pada diri pustakawan.

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Arsin Siregar, Muhammad Riandy. “Kompetensi yang Harus Di Miiliki Seorang Pustakawan”, Jurnal Iqra’, Vol. 09, No. 02, Oktober 2015.

Fuad, Anis dan Kandung Sapto Nugroho. Panduan Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.

Fatmawati, Endang. "Dilema Pemilihan Pustakawan Berprestasi" Buletin Pustakawan, Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Jawa Tengah., Ed. 2, Mei-Agustus 2009.

Handayani, Rina. “Personal Branding Pustakawan di Perpustakaan”, Jurnal Pustakaloka., Vol. 7, No.1, 2015.

Kangmud, "Seminar Personal Branding for Librarian.", www.library.its.ac.id/berita/detail/seminar-personal-branding-for-librarian. Diakses 7 November 2019.

Lasa HS. Kamus Kepustakawan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher, 2009.

Murniaty. Upaya Membangun Citra Diri Melalui Pembentukan Personal Branding Pustakawan, Yogyakarta: Ladang Kata, 2016.

Quinn, Strategi Pemasaran. Jakarta: Universitas Indonesia, 2000.

Rudianto. Pedoman Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2018, Jakarta: Pusat Pengembangan Pustakawan, 2018.

Rudianto, “Sekilas Tentang Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2018.” www.pustakawan.perpusnas.go.id. Diakses 8 November 2019.

Saputra, Andi. “Implementasi Metode Hybrid MCDM Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pustakawan Berprestasi (Studi Kasus: UPT Perpustakaan Universitas Andalas), Prosiding Lokakarya Nasional Dokumentasi dan Informasi, 2017.

Wahdaniah, Nurul. "Strategi Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Kunjung Siswa di SMANegeri 13 Makassar 12", Skripsi, Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2016.

Published

2022-02-03

How to Cite

Saputra, N. Y. (2022). STRATEGI PERSONAL BRANDING DALAM AJANG PUSTAKAWAN BERPRESTASI. Bibliotech : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(2). https://doi.org/10.33476/bibliotech.v4i2.1118

Issue

Section

Articles