PENGEMBANGAN APLIKASI VIRTUAL TOUR KEBUN RAYA BOGOR LIPI SEBAGAI MEDIA DISEMINASI DAN LITERASI ILMU PENGETAHUAN HAYATI

Authors

  • Ridwan Suhud LIPI
  • Abdurrakhman Prasetyadi LIPI
  • Dwiyanto Wahyu Ari Nugroho LIPI
  • Gravinda Putra Perdana LIPI

https://doi.org/10.33476/bibliotech.v5i1.1087

Abstract

Sebagai upaya untuk memberikan gambaran secara utuh melalui panorama 3600 tentang keanekaragaman tumbuh-tumbuhan dan memperkenalkan keindahan alam kebun raya, maka dikembangkan aplikasi Virtual Tour Kebun Raya Bogor – LIPI. Pengembangan aplikasi tersebut dapat dikatakan sebagai media diseminasi dan literasi digital iptek untuk masyarakat. Penelitian ini mengintegrasikan gambar panorama 3600 dengan infografis yang berisi informasi tumbuh-tumbuhan yang sedang ditampilkan. Gambar panorama 3600 diambil melalui foto panorama 3600 yang dihasilkan lewat kamera 3600 kemudian diproses aplikasi PTGui untuk menghasilkan foto panorama yang lebih baik kemudian diintegrasikan menggunakan aplikasi Panotour Pro untuk menghubungkan jalur navigasi dari foto-foto panorama 3600 yang telah dikumpulkan. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metodologi Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang tahapannya terdiri dari 6 tahap, yaitu konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan (assembly), pengujian dan distribusi. Hasil kegiatan berupa aplikasi virtual tour Kebun Raya Bogor LIPI berbasis web dan bisa dijalankan melalui perangkat headset virtual reality.

Author Biographies

Ridwan Suhud, LIPI

Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah LIPI

Abdurrakhman Prasetyadi, LIPI

Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah LIPI

Dwiyanto Wahyu Ari Nugroho, LIPI

Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah LIPI

Gravinda Putra Perdana, LIPI

Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah LIPI

References

Anugerah, Fajar. 2018. Aplikasi Virtual Guide Pada Penangkaran Satwa Langka Di Bontomarannu Education Park Berbasis Mobile. Makassar: UIN Alauddin.

Luther. 1994. Authoring Interactive Multimedia. Boston : AP Professional.

Nata, N.M. Gusti. 2017. Jurnal Sistem dan Informatika. Vol. 11, No. 2, Mei 2017

Prasetya, D.D. 2011. Seminar On Electrical, Informatics and ITS Education.

Said, R.A. dan Hasibuan, M. Siddik. 2012. Journal Online Jaringan Pengajian Seni Bina (JOJAPS). Politeknik Malaysia Port Dickson.

Yuliana, Ade dan Lisdianto, Eko. 2017. Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer. KOPERTIP. Vol. 01, No. 01, Februari 2017, pp 19-24.

Published

2022-04-25

How to Cite

Suhud, R., Prasetyadi, A., Nugroho, D. W. A., & Perdana, G. P. (2022). PENGEMBANGAN APLIKASI VIRTUAL TOUR KEBUN RAYA BOGOR LIPI SEBAGAI MEDIA DISEMINASI DAN LITERASI ILMU PENGETAHUAN HAYATI. Bibliotech : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(1). https://doi.org/10.33476/bibliotech.v5i1.1087

Issue

Section

Articles