Penerapan Token Economy dan Teknik Prompting untuk Meningkatkan Keterampilan Berpakaian pada Remaja dengan Disabilitas Intelektual Taraf Sedang

Authors

  • Amanda Anggriani Kinasih Magister Psikologi Profesi Klinis Anak Universitas Indonesia
  • Ike Anggraika Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

https://doi.org/10.24854/jps.v7i2.761

Keywords:

Disabilitas intelektual, keterampilan berpakaian, modifikasi perilaku, token ekonomi, prompting

Abstract

Anak dengan disabilitas intelektual memiliki masalah dengan fungsi adaptif, salah satunya ialah kemampuan bina diri. Salah satu kemampuan bina diri yang penting untuk dikuasai oleh anak adalah berpakaian secara mandiri, terutama bila anak sudah menginjak usia remaja, agar anak tidak lagi bergantung pada orang dewasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpakaian pada anak dengan disabilitas intelektual melalui program modifikasi perilaku. Keterampilan berpakaian diukur dengan durasi yang dibutuhkan anak untuk selesai mengenakan pakaian dengan tepat. Desain penelitian ini menggunakan single case experimental A-B design. Partisipan dari penelitian ini ialah seorang anak perempuan berusia 14 tahun 11 bulan dengan disabilitas intelektual level moderate. Teknik yang digunakan dalam program modifikasi perilaku ini ialah token economy serta prompting. Intervensi mencakup 3 sesi baseline, 15 sesi intervensi, serta 3 sesi follow-up. Data  dianalisis dengan membandingkan durasi yang dibutuhkan anak untuk berpakaian secara tepat sebelum dan setelah intervensi dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat penurunan durasi berpakaian yang signifikan, yakni hampir 6 kali lebih cepat yaitu dari total 65 menit (tahap baseline) hingga total 11 menit (tahap follow-up) untuk 5 jenis pakaian. Hal tersebut menandakan bahwa anak lebih terampil dalam mengenakan pakaian tanpa bantuan dari orangtua.

References

American Psychiatric Association (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorder 5th edition.Washington, DC : Author.

Ardic, A. & Cavkaytar, A. (2014). Effectiveness of the modified intensive toilet training method on teaching toilet skills to children with autism. Education and Training in Autism and Developmental Disabilities, 49(2), 263–276.

Baker, B. L., Brightman, A. J., Blacher, J. B., Hinshaw, S. P., Heifetz, L. J., & Murphy, D. M. (2009). Steps to independence: Teaching everyday skills to children with special needs (4th ed.). Baltimore, MD: Paul H Brookes Publishing Co.

Hendriani, W., Handariyati, R., & Sakti, T. M. (2006). Penerimaan keluarga terhadap individu yang mengalami keterbelakangan mental. INSAN, 8(2), 100 – 111.

Iscan, G. C., Nurcin, E., & Fazlioglu, Y. (2016). Effect of most-to-least prompting procedure on dressing skill of students with autism. Educational Research and Reviews, 11(18), 1766 – 1774.

Kaur, G. & Kumar, M. (2013). Effect of stimulus shaping & prompting in developing dressing skills in trainable mentally challenged among age group of 6 – 12 years. International Journal of Science and Research, 4(6), 1195 – 1198.

Kazdin, A. E. (2013). Behavior Modification in Applied Settings: 7th Edition. Illinois: Waveland Press, Inc.

Mash, E. J., & Wolfe, D. A. (2010). Abnormal child psychology. (4th ed.). Canada: Wadsworth, Cengage Learning.

Martin, G., & Pear, J. (2015). Behavior Modification: What It Is and How to Do It, 10th Edition. USA: Pearson education, Inc.

Matson, J. L. & Boisjoli, J. A. (2009). The token economy for children with intellectual disability and/or autism: A review. Research in Developmental Disabilities, 30, 240 – 248.

Matson, J. L., Mahan, S., & LoVullo, S. V. (2009). Parent training: A review of methods for children with developmental disabilities. Research in Developmental Disabilities, 30, 961 – 968.

Mehta, M., Pande, P., & Bhargava, M. (1991). Behavioral training for mothers of mentally handicapped children: Teaching of self-help skills. Indian Pediatrics, 98, 909 – 915.

Miltenberger, R. G. (2012). Behavior Modification Principles and Procedures, Fifth Edition. United States of America: Cengage Learning.

Downloads

Published

14-02-2020

How to Cite

Kinasih, A. A., & Anggraika, I. (2020). Penerapan Token Economy dan Teknik Prompting untuk Meningkatkan Keterampilan Berpakaian pada Remaja dengan Disabilitas Intelektual Taraf Sedang. Jurnal Psikogenesis, 7(2), 129–141. https://doi.org/10.24854/jps.v7i2.761

Issue

Section

Articles