BODY-MIND CONNECTION: IDENTIFIKASI SUBKEPRIBADIAN YANG TERKAIT DENGAN EMOSI DAN KELUHAN FISIK

Authors

  • Nur Aziz Afandi Prodi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo, Madura
  • Hendro Prabowo Fakultas Psikologi, Universitas Gunadarma Jakarta
  • Mahargyantari Purwani Dewi Fakultas Psikologi, Universitas Gunadarma Jakarta

https://doi.org/10.24854/jps.v2i2.47

Abstract

Abstract:

Transpersonal psychology considers that there are various aspects of the human personality, such as: body, feelings, mind, intuition, imagination, drive, subpersonality, and so on (Firman & Gila, 2002). Therefore, the study of the body-mind connection showed that consciousness, attitudes, and imagery can affect physical health and diseases. Meanwhile, sub-personality is one component of transpersonal psychology, beside the potential and aspirations, thoughts, feelings, and drive. Subpersonality always be accompanied with the emergence of an emotion that is connected to physiological changes as a manifestation of the body-mind connection. This paper is the result of a case study on an employee and five female students of psychology that attempts to explain the identification of several subpersonality, accompanied by physiological complaints that were made during meditation. This study showed subpersonality controlling causing migraine; sub-personality burdened causing rapid heartbeat, and sub-personality anxious causing back pain.

Keywords: transpersonal psychology, subpersonality, emotion, physical complaints


Abstrak:

Mazhab psikologi transpersonal memandang bahwa terdapat beragam aspek dari kepribadian manusia, seperti: tubuh, perasaan, pikiran, intuisi, imajinasi, dorongan, subkepribadian, dan sebagainya (Firman & Gila, 2002). Oleh karena itu, studi tentang hubungan tubuh-pikiran (body-mind connection) menunjukkan bahwa keyakinan sadar, sikap, dan pencitraan dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan penyakit. Sementara, subkepribadian adalah salah satu komponen dalam psikologi transpersonal, sistem psikosintesis selain potensi dan aspirasi, pikiran, perasaan, dan dorongan. Dalam wujudnya, subkepribadian selalu juga disertai dengan munculnya suatu emosi yang terhubung dengan perubahan-perubahan fisiologis sebagai perwujudan dari hubungan tubuh-pikiran. Makalah ini merupakan hasil dari penelitian kasus pada satu karyawati dan lima mahasiswi psikologi yang mencoba mengidentifikasi beberapa subkepribadian yang disertai dengan munculnya keluhan-keluhan fisiologis. Identifikasi subkepribadian dan keluhan-keluhan fisik dilakukan saat proses meditasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa keluhan-keluhan fisiologis yang dapat diidentifikasi dalam sesi konseling sebagai reaksi atas muncul emosi yang menyertai subkepribadian dalam diri seseorang adalah seperti subkepribadian mengontrol yang memunculkan keluhan fisik migrain, subkepribadian terbebani yang memunculkan keluhan fisik berupa jantung berdetak dengan cepat, subkepribadian pencemas dengan keluhan fisik sakit punggung.


Kata kunci: psikologi transpersonal, subkepribadian, emosi, keluhan fisik.

Published

01-07-2015

How to Cite

Afandi, N. A., Prabowo, H., & Dewi, M. P. (2015). BODY-MIND CONNECTION: IDENTIFIKASI SUBKEPRIBADIAN YANG TERKAIT DENGAN EMOSI DAN KELUHAN FISIK. Jurnal Psikogenesis, 2(2), 123–132. https://doi.org/10.24854/jps.v2i2.47

Issue

Section

Articles