Efektivitas Cognitive Behavioral Group Therapy berbasis Daring dalam Meningkatkan Self-Esteem pada Mahasiswa yang Mengalami Kecemasan dalam Upward Social Comparison

Authors

  • Hidayati Hidayati Universitas Indonesia
  • Fivi Nurwianti Universitas Indonesia

https://doi.org/10.24854/jps.v8i2.1501

Keywords:

kecemasan, CBT, self-esteem, Upward social comparison

Abstract

Kecemasan merupakan masalah yang umum terjadi pada kelompok mahasiswa. Meskipun pada dasarnya cemas merupakan respon yang adaptif, namun jika cemas berlebihan akan mengganggu performa dari seseorang. Cemas dapat muncul di berbagai situasi yang dipersepsi mengancam dan penuh dengan ketidakpastian, salah satunya pada konteks social comparison. Individu membandingkan dirinya dan melihat orang lain lebih baik sehingga menimbulkan persepsi negatif terhadap diri. Saat orang lain dipersepsi lebih baik maka muncul rasa inferior yang menyebabkan rendahnya self-esteem. CBT kelompok dirancang untuk meningkatkan self-esteem dengan merekonstruksi pikiran negatif terhadap diri sendiri. Desain penelitian menggunakan model pre-post dan dilanjutkan dengan sesi follow-up. Intervensi dilakukan sebanyak enam kali pertemuan menggunakan modul CBT yang telah diadaptasi sesuai kebutuhan dan dilakukan secara daring. Secara kualitatif hasil menunjukkan bahwa CBT kelompok dengan metode daring cukup efektif dalam meningkatkan self-esteem pada tiga orang partisipan yang diiringi dengan menurunnya gejala kecemasan. Pada partisipan yang tidak mengalami penurunan kecemasan, kemungkinan disebabkan oleh faktor lain seperti trait maupun kondisi sulit lain yang dihadapi oleh partisipan saat ini. Meskipun demikian, secara kualitatif, semua partisipan melaporkan terdapat perubahan dalam pola pikir yang lebih positif terhadap diri sendiri. Dalam pelaksanaan secara daring terdapat beberapa hal yang diperhatikan seperti koneksi internet, interaksi antar, partisipan, dan membangun rapport dengan menggunakan aplikasi yang memfasilitasi terjadinya interaksi.

Author Biographies

Hidayati Hidayati, Universitas Indonesia

Fakultas Psikologi

Fivi Nurwianti, Universitas Indonesia

Fakultas Psikologi

References

American College Health Association. (2018). Undergraduate reference group executive summary, Fall 2018. Retrieved November, 29, 2019.

Aspinwall, L. G., & Taylor, S. E. (1993). Effects of social comparison direction, threat, and self-esteem on affect, self-evaluation, and expected success. Journal of personality and social psychology, 64(5), 708.

Barak, A., Hen, L., Boniel-Nissim, M., & Shapira, N. A. (2008). A comprehensive review and a meta-analysis of the effectiveness of internet-based psychotherapeutic interventions. Journal of Technology in Human services, 26(2-4), 109-160.

Beiter, R., Nash, R., Mccrady, M., Rhoades, D., Linscomb, M., & Clarahan, M. S. Sammut (2014). The prevalence and correlates of depression, anxiety, and stress in a sample of college students, 90-96.

Boston University. (2016). Anxiety the most common mental health diagnosis in college students. Diunduh dari http://www.bu.edu/articles/2016/college-students-anxiety-and-depression/

Butzer, B., & Kuiper, N. A. (2006). Relationships between the frequency of social comparisons and self-concept clarity, intolerance of uncertainty, anxiety, and depression. Personality and individual differences, 41(1), 167-176.

Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han, M., Xu, X., Dong, J., & Zheng, J. (2020). The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry research, 112934.

Festinger, L. (1954). A theory of social comparison processes. Human relations, 7(2), 117-140.

Gilbert, P., & Miles, J. N. (2000). Sensitivity to Social Put-Down: it's relationship to perceptions of social rank, shame, social anxiety, depression, anger and self-other blame. Personality and individual differences, 29(4), 757-774

Harter, S. (1993). Causes and consequences of low self-esteem in children and adolescents. In Self-esteem (pp. 87-116). Springer, Boston, MA.

Kring, A., Johnson, S., Davidson, G. & Neale, J. (2012). Abnormal Psychology (12th edition).Wiley

Kumar, V., Sattar, Y., Bseiso, A., Khan, S., & Rutkofsky, I. H. (2017). The effectiveness of internet-based cognitive behavioral therapy in treatment of psychiatric disorders. Cureus, 9(8).

Lenz, A. S. (2018). Cognitive Behavioral Therapy for Anxiety: Application of the F.E.A.R. Model for Adults. Texas: University-Corpus Christi. Patient Resources: Psychiatry: Michigan Medicine. (2019, March 21). Retrieved from https://medicine.umich.edu/dept/psychiatry/programs/anxiety-disorders-program-adult/patient-resources

Mahmoud, J. S. R., Staten, R. T., Hall, L. A., & Lennie, T. A. (2012). The relationship among young adult college students’ depression, anxiety, stress, demographics, life satisfaction, and coping styles. Issues in mental health nursing, 33(3), 149-156.

Regehr, C., Glancy, D., & Pitts, A. (2013). Interventions to reduce stress in university students: A review and meta-analysis. Journal of affective disorders, 148(1), 1-11.

Segrin, C., Woszidlo, A., Givertz, M., & Montgomery, N. (2013). Parent and child traits associated with overparenting. Journal of Social and Clinical Psychology, 32(6), 569-595.

Son, C., Hegde, S., Smith, A., Wang, X., & Sasangohar, F. (2020). Effects of COVID-19 on College Students’ Mental Health in the United States: Interview Survey Study. Journal of medical internet research, 22(9), e21279

Soraya, T.I (2016). Efektivitas cognitive behavioral therapy (CBT) dalam meningkatkan self-esteem pada dewasa muda dengan self-esteem negative. Tugas akhir magister profesi psikolog klinis dewasa. Depok: Fakultas Psikologi UI

Sowislo, J. F., & Orth, U. (2013). Does low self-esteem predict depression and anxiety? A meta-analysis of longitudinal studies. Psychological bulletin, 139(1), 213.

Soysa, C. K., & Weiss, A. (2014). Mediating perceived parenting styles–test anxiety relationships: Academic procrastination and maladaptive perfectionism. Learning and Individual Differences, 34, 77-85.

Vogel, E. A., Rose, J. P., Okdie, B. M., Eckles, K., & Franz, B. (2015). Who compares and despairs? The effect of social comparison orientation on social media use and its outcomes. Personality and Individual Differences, 86, 249-256.

Westbrook, D., Kennerley,H., & Kirk, J. (2011). An Introduction to Cognitive Behaviour Therapy: Skills and Applications. SAGE

Wheeler, L., & Miyake, K. (1992). Social comparison in everyday life. Journal of personality and social psychology, 62(5), 760.

Downloads

Published

23-02-2021

How to Cite

Hidayati, H., & Nurwianti, F. (2021). Efektivitas Cognitive Behavioral Group Therapy berbasis Daring dalam Meningkatkan Self-Esteem pada Mahasiswa yang Mengalami Kecemasan dalam Upward Social Comparison. Jurnal Psikogenesis, 8(2), 183–195. https://doi.org/10.24854/jps.v8i2.1501

Issue

Section

Articles