Membangun Pola Hidup Menabung pada Anak-Anak Usia Dini

Authors

  • Hadiati Fitri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas YARSI
  • Elmanizar Elmanizar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas YARSI
  • Maya Genisa Sekolah Pascasarjana Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/iac.v5i2.98

Keywords:

pendidikan menabung, anak, taman kanak-kanak, uang, mendongeng virtual

Abstract

Kegiatan pelatihan menabung bagi anak TK bertujuan untuk memberikan keterampilan dalam pengenalan nilai uang bagi anak usia dini dengan melatih mereka untuk membiasakan pola hidup budaya menabung, mencegah sikap konsumtif dan mendidik mereka kelak untuk dapat mengelola keuangan secara mandiri untuk meningkatkan kesejahteraan mereka di masa depan. Sasaran dari pelatihan ini adalah anak-anak TK Aisiyiyah. Program ini dilakukan dengan memberikan metode story telling melalui dongeng virtual. Kegiatan dilakukan melalui pelatihan langsung kegiatan menabung selama satu bulan dengan memberikan setiap siswa sebuah celengan. Kegiatan ini dipantau melalui kerja sama guru-guru TK dan orang tua murid. Pada akhir bulan, kotak uang dikumpulkan dan dana yang terkumpul disumbangkan kepada Yayasan Visi Mahakarya dalam membantu para penyandang disabilitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1): 50-58. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/943

Akhir, J. (2018, Agustus 7). Literasi Keuangan Masyarakat RI Rendah, Tak Heran Banyak Tertipu Investasi Bodong. Okezone. https://economy.okezone.com/read/2018/08/07/320/1933155/literasi-keuangan-masyarakat-ri-rendah-tak-heran-banyak-tertipu-investasi-bodong

Asnawi, M., Matani, C. D., & Patma, K. (2019). Pengenalan Pendidikan Literasi Keuangan Bagi Anak Usia Dini Pada Kelas Binaan Jurusan Akuntansi Di Buper. THE COMMUNITY ENGAGEMENT JOURNAL, 2(1), 69-75. https://doi.org/10.52062/.v2i1.2149

Beverly, S. & Clancy, M. 2001. Financial Education in a Children and Youth Savings Account Policy Demonstration: Issues and Options [CSD Report No. CYSAPD 01-5]. St. Louis, MO: Washington University, Center for Social Development. DOI: https://doi.org/10.7936/K7Z037NG

Blue, L., Grootenboer, P., & Brimble, M. (2014). Financial Literacy Education in The Curriculum: Making The Grade or Missing The Mark?. Journal of Elsevier, International Review of Economics Education, 16 (Part A), 51–62. https://doi.org/10.1016/j.iree.2014.07.005

Hainstock, E. G. (1999). Metode Pengajaran Montessori untuk Anak Prasekolah. Pustaka Delapratasa.

Fabris, N., & Luburic, R. (2016). Financial Education of Children and Youth. Journal of Central Banking Theory and Practice, 2(1), 65-79. https://doi.org/10.1515/jcbtp-2016-0011

Grohmann, A., Kouwenberg., dan Menkhoff, L. (2015). Childhood Roots of Financial Literacy. Journal of Elsevier, Journal of Economic Psychology, 51, 114–133. https://doi.org/10.1016/j.joep.2015.09.002

Irbah, A. N., Munastiwi, E., Riyadi, A. S. I. M., & Binsa, U. H. (2022). Peran Orang Tua Dalam Membangun Financial Education Pada Anak Usia Dini. Wisdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 137-154. https://doi.org/10.21154/wisdom.v3i2.4313

Kusuma, D. R. (2014, Juli 2). Melek Keuangan Masyarakat Indonesia Masih di Bawah Singapura dan Malaysia. Detik Finance. https://finance.detik.com/moneter/d-2625308/melek-keuangan-masyarakat-indonesia-masih-di-bawah-singapura-dan-malaysia

Langgi, N. R. & Susilaningsih. (2022). Analisis Implementasi Pendidikan Keuangan pada Jenjang Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2429-2438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1625

Rapih, S. (2016). Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak: Mengapa dan Bagaimana?. Jurnal: Scholaria, 6, 14-28. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p14-28

Santana, F. D. T., & Zahro, I. F. (2020). Hubungan Pelibatan Keluarga Terhadap kemampuan Pendidikan Sosial Finansial Anak Usia 5-6 Tahun. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/jge.2020.vol3(1).5249

Sari, N. P., Setiawan, M. A., & Novitawati, N. (2022). Penanaman Pendidikan Sosial dan Finansial bagi Anak Usia Dini melalui Metode Proyek. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2785-2793. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2533

Walstad, W., Urban, C., Asarta, C. J., Breitbach, E., Bosshardt, W., Heath, J., ... Xiao, J. J. (2017). Perspectives on evaluation in financial education: Landscape, issues, and studies. The Journal of Economic Education, 48(2), 93-112. https://doi.org/10.1080/00220485.2017.1285738

Downloads

Published

31-12-2022

Issue

Section

Articles