MEMBANGUN POLA HIDUP MENABUNG PADA ANAK- ANAK USIA DINI
Abstract
Abstrak: Kegiatan pelatihan menabung bagi anak TK bertujuan untuk memberikan keterampilan dalam pengenalan nilai uang bagi anak usia dini dengan melatih mereka untuk membiasakan pola hidup budaya menabung, mencegah sikap konsumtif dan mendidik mereka kelak untuk dapat mengelola keuangan secara mandiri untuk meningkatkan kesejahteraan mereka di masa depan. Sasaran dari pelatihan ini adalah anak-anak TK Aisiyiyah. Program ini dilakukan dengan memberikan metode story telling melalui dongeng virtual. Kegiatan dilakukan melalui pelatihan langsung kegiatan menabung selama satu bulan dengan memberikan setiap siswa sebuah celengan. Kegiatan ini dipantau melalui kerja sama guru-guru TK dan orang tua murid. Pada akhir bulan, kotak uang dikumpulkan dan dana yang terkumpul disumbangkan kepada Yayasan Visi Mahakarya dalam membantu para penyandang disabilitas.
References
Asnawi, M., Matani, C. D., & Patma, K. (2019). Pengenalan Pendidikan Literasi Keuangan Bagi Anak Usia Dini Pada Kelas Binaan Jurusan Akuntansi Di Buper. THE COMMUNITY ENGAGEMENT JOURNAL, 2(1), 1-8.
Beverly, S. & Clancy, M. 2001. Financial Education in a Children and Youth Savings Account Policy
Blue, L., Grootenboer, p., dan Brimble, M. (2014). Financial Literacy Education in The Curriculum: Making The Grade or Missing The Mark?. Journal of Elsevier, International Review of Economics Education 16 (2014) 51–62. Griffith University
Elizabeth G. Hainstock. 1999. Metode Pengajaran Montessori untuk Anak Prasekolah. Jakarta: Pustaka Delapratasa.
Fabris, N., & Luburic, R. (2016). Financial Education of Children and Youth. Journal of Central Banking Theory and Practice, 2(1), pp. 65-79
Grohmann, A., Kouwenberg., dan Menkhoff, L. (2015). Childhood Roots of Financial Literacy. Journal of Elsevier, Journal of Economic Psychology 51 (2015) 114–133.
Irbah, A. N., Munastiwi, E., Riyadi, A. S. I. M., & Binsa, U. H. (2022). Peran Orang Tua Dalam Membangun Financial Education Pada Anak Usia Dini. Wisdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 137-154.
Kusuma, Dewi Rachmat. 2014. Melek Keuangan Masyarakat Indonesia Masih di
Bawah Singapura dan Malaysia. (Online). http://finance.detik.com [13 Agustus
2015].
Novedi Risanti, Susilaningsih. (2022). Analisis Implementasi Pendidikan Keuangan pada Jenjang Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). Retrieved from https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1625
Rapih, S. (2016). Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak: Mengapa dan Bagaimana?. Jurnal: Scholaria, 6, 14-28.
Santana, F. D. T., & Zahro, I. F. (2020). Hubungan Pelibatan Keluarga Terhadap emampuan Pendidikan Sosial Finansial Anak Usia 5-6 Tahun. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/jge.2020.vol3(1).5249
Sari, N. P., Setiawan, M. A., & Novitawati, N. (2022). Penanaman Pendidikan Sosial dan Finansial bagi Anak Usia Dini melalui Metode Proyek. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2785-2793.
Walstad, W., Urban, C., Asarta, C. J., Breitbach, E., Bosshardt, W., Heath, J., … Xiao, J. J. (2017). Perspectives on evaluation in financial education: Landscape, issues, and studies. The Journal of Economic Education, 48(2), 93-112. https://doi.org/10.1080/00220485.2017.1285738

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.