Edukasi dengan Permainan Edukatif “Kartu Pintar YARSI HIV-AIDS Care” di SMA 27 Jakarta

Authors

  • Intan Farida Yasmin Fakultas Kedokteran Universitas YARSI
  • Titiek Djannatun Fakultas Kedokteran Universitas YARSI
  • Dian Widiyanti Fakultas Kedokteran Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/iac.v4i1.30

Keywords:

HIV, AIDS, Permainan Edukatif, Pengetahuan, Stigma

Abstract

Kasus baru HIV di kalangan remaja terus meningkat setiap tahunnya, namun tingkat pengetahuan mereka tentang HIV-AIDS masih rendah. DKI Jakarta merupakan provinsi dengan jumlah kasus HIV-AIDS tertinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan komprehensif HIV-AIDS pada siswa dengan Kartu Pintar HIV-AIDS YARSI Care. Peserta penelitian sebanyak 70 siswa SMA 27 Jakarta dinilai pengetahuan dan sikapnya terhadap HIV-AIDS sebelum dan sesudah diberikan permainan edukasi. Kartu Pintar HIV-AIDS YARSI Care dimainkan dalam kelompok kecil (7 siswa) yang dipandu oleh mentor. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan HIV-AIDS setelah permainan edukasi dan perubahan sikap yang positif terhadap HIV-AIDS. Berdasarkan hasil tersebut, Kartu Pintar HIV-AIDS YARSI Care terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan mengubah sikap positif tentang HIV-AIDS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ditjen P2P Kemenkes RI. (2018). Laporan Perkembangan HIV-AIDS dan Infeksi Menular Seksual (IMS) Triwulan IV Tahun 2017.

Ditjen P2P Kemenkes RI. (2019). Laporan Perkembangan HIV AIDS dan Infeksi Menular Seksual (IMS) Triwulan IV Tahun 2018. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ministry of Health Indonesia. (2019). Profil Kesehatan Indonesia 2018 [Indonesia Health

Profile 2018]. http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan- indonesia/Data-dan-Informasi_Profil-Kesehatan-Indonesia-2018.pdf

Saputri, I. Y., & Azam, M. (2015). Efektivitas Metode Simulasi Permainan “Monopoli Hiv” Terhadap Tingkat Pengetahuan Komprehensif Hiv/Aids Pada Remaja Di Kota Semarang. Unnes. Journal of Public Health, 4(4), pp. 107–114. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujph

Siregar, P. D., BM, S. H., & Indraswari, R. (2018). Evaluasi Efektivitas Permainan Ular Tangga Hiv/Aids Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Hiv/Aids Pada Siswa Sma Di Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 6(2), pp. 170–178. http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm%0AEVALUASI

Sudikno, Simanungkalit, B., & Siswanto. (2010). Pengetahuan Hiv Dan Aids Pada Remaja Di Indonesia ( Analisis Data Riskesdas 2010 ). Jurnal Kesehatan Reproduksi, 1(3), pp. 145– 154.

Zaen, N. L., Asfriyanti, & Tukiman. (2017). Pengaruh Simulasi Permainan Ular Tangga Genre Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Triad Krr (Seksualitas, Hiv dan Aids, Napza) Di SMPN 1 Tanjung Morawa Tahun 2016. Jurnal Stikna Jurnal Sains,

Teknologi, Farmasi & Kesehatan, 01(02), pp. 148–157.

Downloads

Published

30-06-2021

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)