Peningkatan Literasi Teknologi Internet of Things (IoT) bagi Guru dan Siswa di SMAN 4 Surakarta melalui Edukasi Interaktif dan Praktikal

Authors

  • Doan Perdana Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Syakir Maghfuri Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Aliya Tsaqib Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Nafisa Kayla Vernanda Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

https://doi.org/10.33476/iac.v8i1.174

Keywords:

iot, evolusi industri 4.0, literasi teknologi, guru dan siswa, SMA 4 Surakarta

Abstract

Pengenalan teknologi Internet of Things (IoT) dalam dunia pendidikan menjadi kebutuhan yang mendesak seiring berkembangnya era digital dan revolusi industri 4.0. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi teknologi IoT bagi guru dan siswa di SMAN 4 Surakarta. Pendekatan yang digunakan adalah edukasi interaktif berbasis ceramah partisipatif, diskusi, serta simulasi penerapan IoT di lingkungan sekolah. Kegiatan ini melibatkan 36 siswa dan 10 guru sebagai peserta aktif. Hasil evaluasi melalui kuesioner menunjukkan bahwa lebih dari 85% peserta merasa puas dengan materi, metode penyampaian, dan manfaat kegiatan. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep dasar IoT, tetapi juga menumbuhkan kesadaran akan potensi penerapan IoT dalam mendukung proses belajar mengajar serta manajemen sekolah. Kegiatan ini memberikan dampak positif bagi mitra dan berpotensi direplikasi di sekolah lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alvendri, D., Giatman, M., & Ernawati, E. (2023). Transformasi Pendidikan Kejuruan: Mengintegrasikan Teknologi IoT ke dalam Kurikulum Masa Depan. Journal of Education Research, 4(2), 752-758. DOI: https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.244

Amrullah, Y., Supiana, S., Sulasman, S., & Gumilar, S. (2020). Penggunaan Experience Based Learning Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Meningkatkan Kesadaran Beragama dan Daya Kritis Siswa MAN di Kabupaten Bekasi. Andragogi, 8(2), 600-614. DOI: https://doi.org/10.36052/andragogi.v8i2.192

Bakri, M. A. (2016). Studi awal implementasi Internet of Things pada bidang pendidikan. REC (Journal of Electrical and Electronics), 4(1), 18-23. DOI: https://doi.org/10.33558/jrec.v4i1.565

Dewi, R., Gustiawati, R., & Afrinaldi, R. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 4 Karawang. Journal Coaching Education Sports, 1(2), 85-92. DOI: https://doi.org/10.31599/jces.v1i2.327

Fransisca, V. D. (2023). Mengintegrasikan Sistem Teknologi dalam Manajemen Sarana dan Prasarana untuk Pendidikan yang lebih Modern. Proceedings Series of Educational Studies (pp. 425-432). Malang: Universitas Negeri Malang. DOI: https://doi.org/10.17977/um083.7910

Gazali, N. I., & Sumarsono, R. B. (2025). Efektivitas Kebijakan Digitalisasi dalam Mewujudkan Pembelajaran Berkualitas di Era Society 5.0. Proceedings Series of Educational Studies. (pp. 1-9). Malang: Universitas Negeri Malang.

Handayani, I. D., Karyasa, D. R., & Suardana, D. I. (2015). Komparasi peningkatan pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa SMA yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 5(1), 1-12.

Isma, C. N., Rahmi, R., & Jamin, H. (2022). Urgensi Digitalisasi Pendidikan Sekolah. AT-TA'DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 3(1), 129-141. DOI: https://doi.org/10.47498/tadib.v14i2.1317

Jiwandono, I. S., Ermiana, I. O., & Astria, F. P. (2021). Pengembangan Dan Penguatan Kompetensi Guru Dalam Pemanfaatan Internet of Things (IoT) Dalam Pembelajaran Masa Adaptasi Baru. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(4), 390-394. DOI: https://doi.org/10.29303/jppm.v4i4.2982

Kusuma, E. P., & Apriani, D. (2021). Pengenalan dan Pelatihan Internet of Thnings (IoT) Menggunakan Kit Node MCU untuk Guru dan Siswa SMK. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 3(2), 85-91.

Kusuma, Y. Y. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas III Sekolah Dasar . Jurnal Basicedu, 1460-1467. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.753

Maulana, L., & Siswanto, A. (2021). Pemanfaatan Internet of Things (IoT) untuk Pembelajaran di Sekolah: Studi Kasus pada SMAN 1 Bandung. Jurnal Teknodik, 24(1), 57-68.

Munif, I. R. (2009). Penerapan metode experiential learning pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2), 79-82.

Muttaqin, Rahman, A., Wibawa, A., & Nabila, K. (2021). Inovasi digital untuk masyarakat yang lebih cerdas 5.0: Analisis tren teknologi informasi dan prospek masa depan. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik 1(12), 880-886. DOI: https://doi.org/10.17977/um068v1i122021p880-886

Nugraha, A. W., & Pratama, R. A. (2020). Workshop Internet of Things (IoT) untuk Meningkatkan Keterampilan Digital Guru dan SIswa SMA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 182-190.

Prasrihamni, M., Zulela, Z., & Edwita, E. (2022). Optimalisasi penerapan kegiatan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal cakrawala pendas, 8(1), 128-134.

Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358-369. DOI: https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1352

Ritonga, A. F., Wahyu, S., & Purnomo, F. O. (2020). Implementasi Internet of Things (IoT) untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Jakarta 1. Risenologi, 5(1), 1-8. DOI: https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2020.51.57

Sari, K. P., Sariman, S., & Mujahidin, M. (2023). Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Untuk Peningkatan Kompetensi Guru Di Sekolah Menengah Atas Al Muhammad Cepu. Al Fattah Ejournal Sma Al Muhammad Cepu, 3(03), 70-79. DOI: https://doi.org/10.30872/jimpian.v3iSE.2929

Sholihah, M. A., Utaya, S., & Susilo, S. (2016). Pengaruh Model Experential Learning terhadap Kemampuan Berpikir Siswa SMA . Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (11), 2096-2100.

Siregar, T. (2023). A Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Di SMA Negeri 1 Sinunukan. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(2), 94-102. DOI: https://doi.org/10.58355/competitive.v2i2.9

Sriani, N. K., Sutama, I. M., & Darmayanti, I. A. (2015). Penerapan model pembelajaran experiential learning untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Tampaksiring. urnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1). DOI: https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.92

Tantri, N. N. (2021). Memanfaatkan digitalisasi pendidikan dalam pengembangan potensi siswa. Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya No. 3 (pp. 225-238). Palangkaraya: AHN-TP Palangka Raya.

Utomo, T. P. (2019). Potensi implementasi Internet of Things (IoT) untuk perpustakaan. Buletin Perpustakaan, 2(1), 1-18.

Wibawanto, S. (2021). Pemahaman Digital Marketing Menuju Era 5.0 Di Smk Ma'arif 3 Somalangu Kebumen. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 353-360. DOI: https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i2.676

Yusuf, M., & Sodik, M. (2023). Penggunaan Teknologi Internet of Things (IoT) dalam Pengelolaan Fasilitas dan Infrastruktur Lembaga Pendidikan Islam. PROPHETIK: Jurnal Kajian Keislaman, 1(2), 65-82. DOI: https://doi.org/10.35457/prophetik.v1i2.3233

Yusup, M., & Ahmad, A. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi (IoT) Internet Of Thing Untuk Sekolah Pintar dan Pembelajaran Yang Lebih Baik di SMA Negeri II Binjai . urnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 3(1), 324-330. DOI: https://doi.org/10.62712/juribmas.v3i1.256

Zelfiah, Z. (2018). Pengaruh Kompetensi Individu (Individual Competence) terhadap Literasi Media Internet di Kalangan Siswa SMA IT Wahdah Islamiyah. Al-Munzir, 10(2), 320-340.

Downloads

Published

26-06-2025

Issue

Section

Articles