Pelatihan Literasi Perencanaan Keuangan Dini untuk Anak-Anak di Rumah Tahfidz Yatim & Dhuafa Tangerang

Authors

  • Ade Ony Siagian Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia
  • Ninuk Riesmiyantiningtias Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia
  • Rizky Amalia Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia
  • Herayati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia

Keywords:

literasi keuangan, perencanaan keuangan, pendidikan anak, rumah tahfidz yatim & dhuafa

Abstract

Literasi keuangan merupakan kajian keterampilan hidup dasar yang sangat penting dikenalkan dan diterapkan pada usia dini. Mengenalkan literasi keuangan pada anak usia dini bertujuan untuk mencapai pengetahuan keuangan, sikap, dan perilaku keuangan yang diintegrasikan ke dalam aktivitas bermain. Lembaga sosial seperti Asrama Yatim & Dhuafa memiliki peranan penting dalam bidang kemanusian, kesehatan dan pendidikan terutama kepada anak-anak yatim piatu dan dhuafa yang memerlukan perhatian. Salah satu Lembaga sosial tersebut adalah Rumah Tahfidz Yatim & Dhuafa  yang terletak di Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Banten. Dosen prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat berupa Pelatihan Literasi Perencanaan Keuangan Dini untuk Anak-Anak Rumah Tahfidz Yatim & Dhuafa Tangerang. Pelatihan dilaksanakan menggunakan metode ceramah dengan media offline learning yang dilakukan di Rumah Tahfidz Yatim & Dhuafa, Cibodas. Luaran yang dicapai adalah peningkatan pengetahuan literasi keuangan terkait perencanaan keuangan kepada anak-anak Rumah Tahfidz Yatim & Duafa Cibodas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggarani, F. K., Setyowati, R., Arya Satwika, P., & Rejeki Andayani, T. (2022). Pengaruh Pendidikan Literasi Keuangan dengan Pendekatan Bermain Peran pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3836–3845. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I5.1920

Ansari, K. (2020). Eksistensi Literasi dalam Kalangan Generasi Milenium: Literacy Existence

among Millennial Generations. PENDETA, 11(2), 18–25. https://doi.org/10.37134/PENDETA.VOL11.2.FA.3.2020

Ariyani, D. (2018). Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Purwokerto. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 13(2), 175–190. https://doi.org/10.24090/YINYANG.V13I2.2100

Hidayat, A. (2017). Peran OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dalam Meningkatkan Literasi Keuangan pada Masyarakat Terhadap Lembaga Jasa Keuangan (Studi di Kantor OJK Purwokerto). Repository: State Islamic University Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

Ita, I. R., Avonita, O. L., Tsalimna, U. M., Nisa, L., & Putri, B. (2021). Urgensi Literasi Keuangan Usia Dini. Abdi Psikonomi, 143–150. https://doi.org/10.23917/PSIKONOMI.V2I3.349

Ndeot, F. (2025, June 17). Bagaimana Mengenalkan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini. Paudpedia. https://paudpedia.kemendikdasmen.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/bagaimana-mengenalkan-literasi-keuangan-pada-anak-usia-dini?ref=MTQ4My0wN2NhZTI1Zg==&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=

Noor A. (2011). Pendekatan Humanisme Sosial Masyarakat Ditinjau Dari Sudut Pandang Pranata Sosial. Edisi ke 7. BPFE Yogyakarta

Otoritas Jasa Keuangan. (2020). Menumbuhkan Kecakapan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini

Otoritas Jasa Keuangan. (2023). Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan Bagi Konsumen dan Masyarakat. https://ojk.go.id/id/regulasi/Pages/Peningkatan-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-di-Sektor-Jasa-Keuangan-Bagi-Konsumen-dan-Masyarakat.aspx

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan RI. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia No. 3 Tahun 2023 tentang Peningkatan Literasi dan Inklusi keuangan di Sektor Jasa Keuangan Bagi Konsumen dan Masyarakat Indonesia. (2023). Peratur Otoritas Jasa Keuang [Internet]. 2023;53(9):3–5. Available from: https://ojk.go.id/id/regulasi/Pages/Peningkatan-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-di-Sektor-Jasa-Keuangan-Bagi-Konsumen-dan-Masyarakat.aspx

Remund, D. L. (2010). Financial Literacy Explicated: The Case for a Clearer Definition in an Increasingly Complex Economy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 276–295. https://doi.org/10.1111/J.1745-6606.2010.01169.X

Sari, N. P., Setiawan, M. A., & Novitawati, N. (2022). Penanaman Pendidikan Sosial dan Finansial bagi Anak Usia Dini melalui Metode Proyek. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2785–2793. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V4I2.2533

Downloads

Published

26-06-2025

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)