Agent of Change Remaja Melalui Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja di Desa Kadubelang Kabupaten Padeglang
https://doi.org/10.33476/iac.v7i2.166
Keywords:
konselor remaja, agen perubahan, kesehatan remaja, desa kadubelang, pandeglangAbstract
Agent of Change Remaja (ACIR) diharapkan dapat mempersiapkan para remaja agar mampu meningkatkan pengetahuan remaja terhadap informasi kesehatan reproduksi dan seksualitas secara komprehensif. Tujuan dibentuknya Agent of Change Remaja (ACIR) agar remaja dapat ikut menjadi agen perubahan di antara kelompok sebayanya agar berperilaku sehat dan diadakannya pelatihan konselor sebaya untuk melatih remaja sebagai agent of change. Metode yang dilakukan pada pengabdian masyarakat ini dengan melakukan Focus Disscuss Group (FGD), pelatihan konselor sebaya dan penyuluhan remaja tentang kesehatan dan permasalahan yang dihadapi remaja (bullying dan kekerasan seksual). Pada kegiatan pelatihan konselor sebaya menunjukkan adanya peningkatan kemampuan yang signifikan pada peserta yang berjumlah 10 orang dengan p value 0.025. Sedangkan saat dilakukannya penyuluhan tentang kekerasan seksual dan bullying menunjukkan 9 orang pengetahuan menurun, 18 orang tetap, dan 8 orang meningkat. Ditemukan tidak adanya perbedaan yang bermakna dalam pengetahuan responden sebelum dan sesudah penyuluhan, hal ini dikarenakan saat pre-test berlangsung banyak ibu kader yang membantu memberikan jawaban. Perlu adanya pengulangan pelatihan konselor sebaya agar lebih terlatih dan memperbanyak konselor remaja yang dilatih terutama di sekolah yang berada di lingkungan desa Kadubelang, agar kesehatan mental remaja terjaga.
Downloads
References
Armitage R (2021)’Bullying in children: impact on child health’, 11;5(1):e000939. BMJ Paediatrics Open. doi:10.1136/ bmjpo-2020-000939 DOI: https://doi.org/10.1136/bmjpo-2020-000939
Hall, W. (2017). The effectiveness of policy interventions for school bullying: A systematic review. Journal of the Society for Social Work and Research, 8(1), 45–69. https://doi.org/10.1086/690565/SUPPL_FILE/2016016.TABLE DOI: https://doi.org/10.1086/690565
Källmén, H., & Hallgren, M. (2021). Bullying at school and mental health problems among adolescents: a repeated cross-sectional study. Child and Adolescent Psychiatry and Mental Health, 15(1), 1–7. https://doi.org/10.1186/S13034-021-00425-Y/TABLES/2 DOI: https://doi.org/10.1186/s13034-021-00425-y
Kemenkes RI. Modul Pelatihan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) bagi Konselor Sebaya. Availabel at: (99+) Modul Pelatihan PKPR Bagi Konselor Sebaya | Fauziyyah Nur Falihah - Academia.edu, (Accessed: 5 September 2024)
Kemenkes RI (2014) Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR). Available at: IDN-AD-17-04-GUIDELINE-2014-ind-Guideline-of-National-Standard-for-Teenager-Caring-Health-Service.pdf (who.int), (Accessed: 5 September 2024)
KPAI R.N (2020) Data Kasus Perlindungan Anak 2016 – 2020, Bank Data Perlindungan Anak. Available at: https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-perlindungan-anak-2016-2020 (Accessed: 5 June 2024).
Marinoni, C., Trombetta, T., Negri, R., & Zanetti, M. A. (2024). The Role of Parental Mediation in Cybervictimization Among Adolescents: a Systematic Review. International Journal of Bullying Prevention, 1–20. https://doi.org/10.1007/S42380-024-00270-5/METRICS DOI: https://doi.org/10.1007/s42380-024-00270-5
Nabila, P. A., Suryani, S., & Hendrawati, S. (2022). Perilaku Bullying dan Dampaknya yang Dialami Remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.32584/JIKA.V5I2.1246 DOI: https://doi.org/10.32584/jika.v5i2.1246
Noboru, T., Amalia, E., Hernandez, P. M. R., Nurbaiti, L., Affarah, W. S., Nonaka, D., Takeuchi, R., Kadriyan, H., & Kobayashi, J. (2021). School-based education to prevent bullying in high schools in Indonesia. Pediatrics International, 63(4), 459–468. https://doi.org/10.1111/PED.14475 DOI: https://doi.org/10.1111/ped.14475
Permenkes (2014) Upaya Kesehatan Anak. Available at: Permenkes No. 25 Tahun 2014 (bpk.go.id) (Accessed: 5 September 2024)
Profil Desa Kadubelang Kecamatan Mekarjaya Kabupaten Pandeglang. (n.d.).
UNESCO. (2019). Behind the numbers: ending school violence and bullying. Behind the Numbers: Ending School Violence and Bullying. https://doi.org/10.54675/TRVR4270 DOI: https://doi.org/10.54675/TRVR4270
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dian Mardhiyah, Qomariah, Aryenti, Dini Widianti, Zwasta Pribadi Mahardhika, Yusnita, Erlina Wijayanti, Eri Dian Maharsi, Kanaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.