PENGUKURAN KOGNITIF DAN USER EXPERIENCE APLIKASI LATIHAN MOTORIK HALUS PADA UMUR BERESIKO DEMENSIA

Nova Eka Diana

Abstract


This paper aims to measure the effectiveness of the web-based ping-pong exercise in improving respondent’s cognitive level. User experience aspect is evaluated using User Experience Questionnaire (UEQ). The respondents in this research are 15 persons between 49 and 90 years old. Web-based Mini-Mental State Examination (MMSE) shows that our application improves the cognitive level of 66,67% in average. UEQ experiment exhibits that our system is superior in term of attractiveness, perspicuity, dependability, and stimulation scale. However, the novelty scale is lower but still above average. The reason is the existence of the similar applications with different type of cognitive exercises.

Keywords: cognitive, user experience questionnaire, mini-mental state examination

Abstrak


Paper ini menjelaskan tentang rancang bangun aplikasi berbasis web sebagai media latihan motorik bagi umur beresiko demensia. Tujuan dari paper ini adalah mengukur efektivitas aplikasi dalam mengukur kognitif responden serta nilai user experience aplikasi terhadap pengguna. Jenis latihan motorik yang dikembangkan dalam aplikasi ini adalah permainan ping-pong dengan dua mode yaitu pemain tunggal dan pemain ganda. 15 orang responden dengan rentang umur 45-90 tahun diminta untuk menggunakan aplikasi selama 5-10 menit sebanyak tiga kali, dengan jeda antar percobaan adalah satu hari. Hasil tes Mini-Mental State Examination (MMSE) sebelum dan sesudah perlakuan menunjukkan peningkatan kognitif pengguna dengan rata-rata 66,67%. Hasil UEQ menunjukkan keunggulan aplikasi pada skala: daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, dan stimulasi. Sedangkan nilai kebaruan dari aplikasi adalah di atas rata-rata dikarenakan telah adanya aplikasi-aplikasi dengan sifat yang hampir sama, yaitu melatih sisi kognitif pengguna namun dengan jenis latihan yang berbeda.

Kata Kunci: kognitiv, user experience questionnaire, mini-mental state examination


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Teknologi Informasi YARSI