Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kualitas Kehidupan Kerja Dan Komitmen Organisasional

Authors

  • Ariningsih Hidayah Alumni Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas YARSI
  • Hulmansyah Hulmansyah Dosen Tetap Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas YARSI
  • Nazwirman Nazwirman Dosen Tetap Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/jeba.v1i1.399

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh secara langsung gaya kepemimpinan terhadap kualitas kehidupan kerja, komitmen organisasi kinerja karyawan. Pengaruh secara langsung kualitas kehidupan kerja terhadap komitmen organisasi, kinerja karyawan. Pengaruh secara langsung komitmen organisasi karyawan terhadap kinerja karyawan; dan pengaruh secara tidak langsung kualitas kehidupan kerja terhadap kinerja karyawan melalui komitmen organisasi karyawan PT. Bank BTN

            Metode analisa data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software Lisrel 8.5. Responden dalam penelitian ini berjumlah 180 orang, namun kuesioner yang kembali adalah sebanyak 113 responden.

            Hasil penelitian ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya kepemimpinan secara langsung terhadap variabel kualitas kehidupan kerja. Gaya kepemimpinan berpengaruh negatif tidak signifikan secara langsung terhadap komitmen organisasional. Gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan secara langsung. Variabel kualitas kehidupan kerja berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap variabel komitmen organisasional. Variabel kualitas kehidupan kerja berpengaruh positif tidak signifikan secara langsung terhadap kinerja karyawan. Komitmen organisasional berpengaruh positif tidak signifikan secara langsung terhadap kinerja karyawan.. Ada pengaruh secara tidak langsung variabel kualitas kehidupan kerja terhadap kinerja karyawan melalui variabel komitmen organisasional, namun tidak signifikan.

Published

2017-09-28