Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Korporat Terhadap Kepuasan Pengguna Uptp Kementerian Perdagangan Ri

Hanna Mariam Magdalena Saleh, Nurul Huda

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis apakah dan seberapa besar kualitas pelayanan yang dirasakan dan citra korporat memberikan pengaruh terhadap kepuasan kepada pengguna UPTP Kementerian Perdagangan RI.   Metode penelitian yang digunakan untuk mengukur Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah dengan pendekatan deskriptif dan untuk melihat pengaruhnya digunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linier berganda menggunakan 150 orang sampel dari populasi para pengguna jasa pelayanan UPTP di Kementerian Perdagangan RI.  Walaupun nilai IKM yang dihasilkan tetap baik, namun nampak ada peningkatan jika dibandingkan dengan pengukuran pada tahun 2015.  Terlihat ada pengaruh yang nyata dari kualitas pelayanan terhadap kepuasan para pengguna UPTP Kementerian Perdagangan, dengan proporsi pengaruh terhadap kepuasan pengguna sebesar 60,5%, dimana faktor kemauan petugas untuk membantu pelanggan dan memberikan layanan dengan cepat, memberikan pengaruh paling besar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.