Penerapan Token Economy dan Teknik Prompting untuk Meningkatkan Keterampilan Berpakaian pada Remaja dengan Disabilitas Intelektual Taraf Sedang

Amanda Anggriani Kinasih, Ike Anggraika

Abstract


Anak dengan disabilitas intelektual memiliki masalah dengan fungsi adaptif, salah satunya ialah kemampuan bina diri. Salah satu kemampuan bina diri yang penting untuk dikuasai oleh anak adalah berpakaian secara mandiri, terutama bila anak sudah menginjak usia remaja, agar anak tidak lagi bergantung pada orang dewasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpakaian pada anak dengan disabilitas intelektual melalui program modifikasi perilaku. Keterampilan berpakaian diukur dengan durasi yang dibutuhkan anak untuk selesai mengenakan pakaian dengan tepat. Desain penelitian ini menggunakan single case experimental A-B design. Partisipan dari penelitian ini ialah seorang anak perempuan berusia 14 tahun 11 bulan dengan disabilitas intelektual level moderate. Teknik yang digunakan dalam program modifikasi perilaku ini ialah token economy serta prompting. Intervensi mencakup 3 sesi baseline, 15 sesi intervensi, serta 3 sesi follow-up. Data  dianalisis dengan membandingkan durasi yang dibutuhkan anak untuk berpakaian secara tepat sebelum dan setelah intervensi dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat penurunan durasi berpakaian yang signifikan, yakni hampir 6 kali lebih cepat yaitu dari total 65 menit (tahap baseline) hingga total 11 menit (tahap follow-up) untuk 5 jenis pakaian. Hal tersebut menandakan bahwa anak lebih terampil dalam mengenakan pakaian tanpa bantuan dari orangtua.

Keywords


Disabilitas intelektual, keterampilan berpakaian, modifikasi perilaku, token ekonomi, prompting

Full Text:

PDF

References


American Psychiatric Association (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorder 5th edition.Washington, DC : Author.

Ardic, A. & Cavkaytar, A. (2014). Effectiveness of the modified intensive toilet training method on teaching toilet skills to children with autism. Education and Training in Autism and Developmental Disabilities, 49(2), 263–276.

Baker, B. L., Brightman, A. J., Blacher, J. B., Hinshaw, S. P., Heifetz, L. J., & Murphy, D. M. (2009). Steps to independence: Teaching everyday skills to children with special needs (4th ed.). Baltimore, MD: Paul H Brookes Publishing Co.

Hendriani, W., Handariyati, R., & Sakti, T. M. (2006). Penerimaan keluarga terhadap individu yang mengalami keterbelakangan mental. INSAN, 8(2), 100 – 111.

Iscan, G. C., Nurcin, E., & Fazlioglu, Y. (2016). Effect of most-to-least prompting procedure on dressing skill of students with autism. Educational Research and Reviews, 11(18), 1766 – 1774.

Kaur, G. & Kumar, M. (2013). Effect of stimulus shaping & prompting in developing dressing skills in trainable mentally challenged among age group of 6 – 12 years. International Journal of Science and Research, 4(6), 1195 – 1198.

Kazdin, A. E. (2013). Behavior Modification in Applied Settings: 7th Edition. Illinois: Waveland Press, Inc.

Mash, E. J., & Wolfe, D. A. (2010). Abnormal child psychology. (4th ed.). Canada: Wadsworth, Cengage Learning.

Martin, G., & Pear, J. (2015). Behavior Modification: What It Is and How to Do It, 10th Edition. USA: Pearson education, Inc.

Matson, J. L. & Boisjoli, J. A. (2009). The token economy for children with intellectual disability and/or autism: A review. Research in Developmental Disabilities, 30, 240 – 248.

Matson, J. L., Mahan, S., & LoVullo, S. V. (2009). Parent training: A review of methods for children with developmental disabilities. Research in Developmental Disabilities, 30, 961 – 968.

Mehta, M., Pande, P., & Bhargava, M. (1991). Behavioral training for mothers of mentally handicapped children: Teaching of self-help skills. Indian Pediatrics, 98, 909 – 915.

Miltenberger, R. G. (2012). Behavior Modification Principles and Procedures, Fifth Edition. United States of America: Cengage Learning.




DOI: https://doi.org/10.24854/jps.v7i2.761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Amanda Anggriani Kinasih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED IN:

Garuda Google Scholar CrossRef

OneSearch Indonesia BASE ROAD

DOAJSINTA

 

YARSI

Fakultas Psikologi 
Universitas Yarsi 
Jln. Letjend Soeprapto, Cempaka Putih 
Jakarta Pusat 10510 
Telp/fax : 021-4223138 


Web Analytics View Jurnal Psikogenesis Stats

Free counters!

Creative Commons License
Jurnal Psikogenesis is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.