Pengaruh Penggunaan Media Belajar Quipper School Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Siswa

Dwi Hurriyati, Desy Arisandy

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media belajar quipper school terhadap minat belajar matematika pada siswa SMAN 15 Palembang. Hipotesa  dalam penelitian  adalah terdapat pengaruh penggunaan media belajar quipper school terhadap minat belajar matematika siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMAN 15 Palembang sebanyak 90 orang. Sampel diambil dengan teknik purposive dimana peneliti hanya mengambil siswa yang memiliki skor matematika 65-70 pada ulangan hariam Matematika. Penelitian ini menggunakan teknik uji beda 2 kelompok independent untuk melakukan uji hipotesis. Hasil analisis data penelitian pada kelompok 1 menunjukkan ada perubahan minat yang signifikan setelah diberlakukan metode belajar Quipper School di SMAN 15 Palembang (t= -8.669, p < 0.05). Hasil uji beda juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai Matematika siswa antara sebelum dan setelah mengikuti metode belajar Quipper School (t = -13.803, p < 0.05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media belajar Quipper School yang signifikan terhadap minat belajar matematika pada siswa SMAN 15 Palembang.


Keywords


Media Learning, Quipper School, Learning Interest

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24854/jps.v6i2.702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics View My Stats

 alt=
Fakultas Psikologi
Universitas Yarsi
Jln. Letjend Soeprapto, Cempaka Putih
Jakarta Pusat 10510
Telp/fax : 021-4223138 

Creative Commons License
Jurnal Psikogenesis is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License