Pengaruh Penggunaan Media Belajar Quipper School Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Siswa

Authors

  • Dwi Hurriyati Fakultas Psikologi, Universitas Bina Darma Palembang Jl. A. Yani No. 12 Palembang
  • Desy Arisandy Fakultas Psikologi, Universitas Bina Darma Palembang Jl. A. Yani No. 12 Palembang

https://doi.org/10.24854/jps.v6i2.702

Keywords:

Media Learning, Quipper School, Learning Interest

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media belajar quipper school terhadap minat belajar matematika pada siswa SMAN 15 Palembang. Hipotesa  dalam penelitian  adalah terdapat pengaruh penggunaan media belajar quipper school terhadap minat belajar matematika siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMAN 15 Palembang sebanyak 90 orang. Sampel diambil dengan teknik purposive dimana peneliti hanya mengambil siswa yang memiliki skor matematika 65-70 pada ulangan hariam Matematika. Penelitian ini menggunakan teknik uji beda 2 kelompok independent untuk melakukan uji hipotesis. Hasil analisis data penelitian pada kelompok 1 menunjukkan ada perubahan minat yang signifikan setelah diberlakukan metode belajar Quipper School di SMAN 15 Palembang (t= -8.669, p < 0.05). Hasil uji beda juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai Matematika siswa antara sebelum dan setelah mengikuti metode belajar Quipper School (t = -13.803, p < 0.05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media belajar Quipper School yang signifikan terhadap minat belajar matematika pada siswa SMAN 15 Palembang.

Downloads

Published

19-12-2018

How to Cite

Hurriyati, D., & Arisandy, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Quipper School Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Siswa. Jurnal Psikogenesis, 6(2), 197–204. https://doi.org/10.24854/jps.v6i2.702

Issue

Section

Articles