Studi Korelasi antara Teacher Learning Climate dengan Job Satisfaction pada Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Bandung

Authors

  • Sekar Ayu Anjani Fakultas Psikologi, Universitas Padjadjaran, Jl. Raya Bandung Sumedang KM.21, Hegarmanah, Jatinangor Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45363
  • Anissa Lestari Kadiyono Fakultas Psikologi, Universitas Padjadjaran, Jl. Raya Bandung Sumedang KM.21, Hegarmanah, Jatinangor Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45363

https://doi.org/10.24854/jps.v6i2.699

Keywords:

Teacher learning climate, job satisfaction, teacher, public middle school

Abstract

Sekolah sebagai tempat terselenggaranya pendidikan sebaiknya memberikan ruang pembelajaran bagi guru selaku pendidik agar mampu menyesuaikan kemampuan dan wawasannya pada sistem penyelenggaraan pendidikan yang terus berubah. Hal ini dikenal dengan nama iklim belajar guru. Dengan adanya iklim belajar guru maka diharapkan kepuasan kerja sebagai guru pun meningkat. Tujuan penelitian ini adalah memberi gambaran mengenai hubungan antara teacher learning climate dan job satisfaction pada guru SMP Negeri Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan terhadap 109 guru yang aktif mengajar di SMP Negeri Kota Bandung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah non-eksperimental kuantitatif dengan metode korelasi. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan pemilihan sampel cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara teacher learning climate dengan job satisfaction pada guru SMP Negeri Kota Bandung. Namun, diketahui dalam penelitian ini bahwa kepuasan guru SMP Negeri Kota Bandung pada dimensi advancement masuk dalam kategori rendah dan tidak memiliki hubungan dengan teacher learning climate. Artinya, kepuasan kerja guru SMP Negeri Kota Bandung terhadap kesempatan mendapatkan promosi harus ditingkatkan.

Downloads

Published

19-12-2018

How to Cite

Anjani, S. A., & Kadiyono, A. L. (2018). Studi Korelasi antara Teacher Learning Climate dengan Job Satisfaction pada Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Bandung. Jurnal Psikogenesis, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.24854/jps.v6i2.699

Issue

Section

Articles