Studi Korelasi antara Teacher Learning Climate dengan Job Satisfaction pada Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Bandung

Sekar Ayu Anjani, Anissa Lestari Kadiyono

Abstract


Sekolah sebagai tempat terselenggaranya pendidikan sebaiknya memberikan ruang pembelajaran bagi guru selaku pendidik agar mampu menyesuaikan kemampuan dan wawasannya pada sistem penyelenggaraan pendidikan yang terus berubah. Hal ini dikenal dengan nama iklim belajar guru. Dengan adanya iklim belajar guru maka diharapkan kepuasan kerja sebagai guru pun meningkat. Tujuan penelitian ini adalah memberi gambaran mengenai hubungan antara teacher learning climate dan job satisfaction pada guru SMP Negeri Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan terhadap 109 guru yang aktif mengajar di SMP Negeri Kota Bandung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah non-eksperimental kuantitatif dengan metode korelasi. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan pemilihan sampel cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara teacher learning climate dengan job satisfaction pada guru SMP Negeri Kota Bandung. Namun, diketahui dalam penelitian ini bahwa kepuasan guru SMP Negeri Kota Bandung pada dimensi advancement masuk dalam kategori rendah dan tidak memiliki hubungan dengan teacher learning climate. Artinya, kepuasan kerja guru SMP Negeri Kota Bandung terhadap kesempatan mendapatkan promosi harus ditingkatkan.


Keywords


Teacher learning climate, job satisfaction, teacher, public middle school

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24854/jps.v6i2.699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics View My Stats

 alt=
Fakultas Psikologi
Universitas Yarsi
Jln. Letjend Soeprapto, Cempaka Putih
Jakarta Pusat 10510
Telp/fax : 021-4223138 

Creative Commons License
Jurnal Psikogenesis is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License