Peran komisi yudisial dalam membangun peradilan yang bersih dan berwibawa

Authors

  • Ridarson Galingging Fakultas Hukum Universitas YARSI, Jakarta

https://doi.org/10.33476/ajl.v7i1.329

Keywords:

Komisi Yudisial, Peradilan, hakim

Abstract

Peradilan yang dihormati dan dipercaya oleh publik itu masih sangat jauh dari harapan. Ada banyak hal yang masih harus dilakukan agar kondisi peradilan yang tidak dihormati dan tidak dipercaya publik dewasa ini bisa kita hilangkan. Ada pula   pra-kondisi yang harus terwujud terlebih dahulu, sebelum peradilan kita dihormati dan dipercaya publik itu lahir. Apa saja   Pra-kondisi tersebut akan diuraikan dan dijelaskan dalam artikel ini. Artikel ini juga akan membahas soal permasalahan-permasalahan apa saja yang sedang dihadapi oleh Komisi Yudisial dalam menjalankan   peran dan fungsinya. Akan dijelaskan pula jalan keluar terhadap berbagai persoalan yang sedang dihadapi oleh Komisi Yudisial tersebut, yaitu dengan jalan menyempurnakan UU No.18 Tahun 2011 tentang Komisi Yudisial, agar Komisi Yudisial bisa diperkuat perannya.

References

Sajo, Andras (ed). Judicial Integrity. Martinus Nijhoff Publishers, Leiden, 2004. Wati, Asfina. Judicial Corruption: Suatu Kajian Kritis dan Cara Efektif Upaya Pemberantasannya, dalam “Komisi Yudisial dan Keadilan Sosial”.Jakarta. KY 2008.

Gultom Binsar, Pandangan Kritis Seorang Hakim Dalam Penegakan Hukum di Indonesia, Pustaka Bangsa Press. Medan. 2008.

Noonan John T., Jr et all (eds), The Responsible Judge: Readings in Judicial Ethics, Praeger Publishers. West Port. 1993.

Komisi Yudisial Republik Indonesia, Catatan Akhir Tahun Komisi Yudisial Tahun 2014. Jakarta. 2014.

Komisi Yudisial Republik Indonesia, Bunga Rampai Refleksi Satu Tahun Komisi Yudisial Republik Indonesia. Jakarta. 2006.

New Mexico Judicial Education Center, New Mexico Judicial Ethics Handbook, UNM School of Law. Albuquerque. 2011.

Galingging Ridarson, Membangun Sistem Peradilan Yang Menjunjung Tinggi Prinsip Keadilan Sebagai Amanat Reformasi Peradilan, dalam “Komisi Yudisial dan Keadilan Sosial”. Jakarta. 2008.

Galingging Ridarson, Pengadilan Etika Hakim di Amerika Serikat, Jakarta, dalam “Bunga Rampai Komisi Yudisial”.Jakarta.2015.

Transparency International, Global Corruption Report: Corruption in Judicial Systems, Cambridge University Press. New York. 2007.

Downloads

Published

2017-05-05

Issue

Section

Articles